Bupati Suwirta Muspayang Bakti Peganyar di Pura Khayangan Jagat Puser Saab Nusa Penida

muspayeng 11111
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta muspayang bakti pengenyar di Pura Puser Saab Nusa Penida, Rabu (29/6). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta muspayang bakti pengayar serangkaian Pujawali di Pura Khayangan Jagat Puser Saab, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Rabu (29/6).

Turut hadir mendampingi bupati yakni Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Klungkung Ida Bagus Ketut Mas Ananda, Kadis PMD Kabupaten Klungkung I Wayan Suteja, Kabag Pemerintah dan Kesejahteraan Kabupaten Klungkung I Gusti Gede Gunarta dan Camat Nusa Penida I Komang Widiyasa Putra.

Pura Puser Saab merupakan salah satu Pura Sad Khayangan Jagat di Nusa Penida. Pura yang terletak di Banjar Dehan, Desa Batumadeg ini terdiri dari tiga pelaban Pura diantaranya di bagian timur yaitu Pura Batu Paras, di sebelah selatan Pura Ratu Gede Dalem Selimpet dan di bagian tengah Pura Puser Saab. Pura Batu Paras berstana Siwa sebagai pembersihan (penglukatan). Sedangkan Pura Ratu Gede Dalem Silempet merupakan linggih Ida Ratu Gede Mas Mecuet yang beristana di Pelinggih Bebaturan Silempet (Mrajepati) dan menjadi rencang-rencang Ida Bhatara Puser Saab.

Selain itu, Pura Puser Saab ini saat ini diempon sebanyak 300 KK dari tiga Desa Adat diantaranya Mujaning Temeling (Desa Batumadeg), Tri Wahan Dharma (Desa Batukandik) dan Panca Mekar Sari (Desa Klumpu). Pujawali di pura ini jatuh setiap enam bulan sekali bertepatan dengan Buda Umanis Wuku Medangsia.

Persembahyangan pun berjalan hikmat dipuput Jero Mangku Pura setempat. Usai melaksanakan persembahyangan Bupati Suwirta juga menghaturkan punia sebagai wujud serada bhakti kepada Ida Bhatara Sesuhunan yang berstana di Pura ini. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.