Dinas PPO Matim Gelar Turnamen Shorinji Kempo, Diikuti 245 Atlet se-Manggarai Raya

kejuaraan kempo
Para Atlet mengikuti ajang Kejuaraan Shorinji Kempo Se-Manggarai Raya yang digelar di Aula Kevikepan Borong selama dua hari (24-25/6/2022). (ist)

BORONG | patrolipost.com – Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur (Matim) melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) gelar turnamen kejuaraan Kempo. Ajang tersebut diikuti 245 atlet dari 3 kabupaten se- Manggarai Raya. Acara dibuka secara resmi oleh Asisten 1 Sekda Manggarai Timur, Thadeus Enggur di Aula Kevikepan Borong selama dua hari (24-25/6/2022).

Asisten 1 Sekda Manggarai Timur, Thadeus Enggur yang mewakili Bupati Manggarai Timur Agas Andreas dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Dojo Shorinji Kempo Manggarai Barat dan Kabupaten Manggarai yang telah berpartisipasi dan memenuhi permintaan dari Pemda Manggarai Timur melalui Dinas PPO dalam kejuaraan ini.

Bacaan Lainnya

Melalui ajang tersebut, Bupati Agas berharap generasi muda bisa meraih prestasi dan turnamen kempo tersebut menjadi titik pangkal untuk mengolah skill dalam bidang olahraga beladiri.

Selanjutnya Bupati Agas meminta semua pihak yang terlibat dalam kejuaraan itu untuk memiliki arah dan tujuan yang sama untuk memaksimalkan peran masing-masing secara optimal agar kegiatan berjalan lancar. Selain itu membina serta mengembangkan kesehatan jasmani, rohani, sosial serta menumbuhkan karakter dan kepribadian yang bermartabat peserta dalam mewujudkan pembangunan melalui olahraga.

Mimpi atau optimisme mewujudkan prestasi tentunya tugas dan tanggungjawab berbagai elemen, maka dari itu dalam even yang dilakukan selama dua hari ini harus berada dalam bingkai sportivitas, serta membina dan mendorong para atlet untuk terus memiliki semangat juang dan bekerja keras dalam mewujudkan cita-cita mulia bersama yakni prestasi, sehingga pada akhirnya mampu bersaing pada tingkat kejuaraan yang lebih tinggi yakni nasional bahkan internasional.

Menurut Bupati Agas, pembinaan karakter dan pribadi unggul menjadi sarana utama Shorinji Kempo sesuai falsafah Kempo yakni ‘perangi dirimu sendiri sebelum memerangi orang lain’ hal ini menjadi spirit pembinaan dan pengembangan olahraga bagi atlet.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana, Siprianus Pempot mengatakan kejuaraan melibatkan Dojo se-Manggarai Raya. Dengan rincian Manggarai Barat 25 atlet, Manggarai 94 atlet dan Manggarai Timur 125 atlet. Ajang Kejuaraan Shorinji Kempo Se-Manggarai Raya ini diusung dengan Tema ‘Ayo! Bangkit Bersama Raih Prestasi’. Ajang kejuaraan ini baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Manggarai Timur yang melibatkan dua Kabupaten tetangga yakni Manggarai dan Manggarai Barat.

Siprianus melanjutkan, antusiasme para atlet dan pelatih dari setiap dojo se-Manggarai Raya menyelimuti nuansa kejuaraan yang bermuara kompetitif. Para Senpai dari setiap Dojo penuh semangat mengarahkan kenshi-nya masing-masing.

Kerja sama berbagai pihak yang berkolaborasi dalam menyukseskan kegiatan menjadi garda terdepan mewujudkan kelancaran kegiatan kejuaraan.

Kegiatan ini juga didukung oleh Perkemi Manggarai Timur, Koperasi AMT, Koperasi Sangosay, Widimart, Jamkrindo, Sahabat Komputer dan Cahaya Parabola melalui proposal yang diberikan oleh panita Pelaksana.

Siprianus juga mengatakan, arah yang hendak dituju pada kegiatan ini yakni mendorong jiwa semangat juang para atlet untuk terus mengasah kemampuan agar prestasi pada tingkat kejuaraan yang lebih tinggi. Pada even ini bukan juaranya yang menjadi target utama, tetapi menumbuhkan konsisten ketekunan yang terpatri dalam diri untuk terus dikembangkan terhadap atlet.

“Berprestasi perlu diberi ruang dan itulah fungsinya Bidang Pemuda dan Olahraga memfasilitasi kegiatan kejuaraan dengan dukungan para pihak dalam menyukseskan kegiatan ini,” pungkasnya. (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.