Ditinggal Sembahyang, Sanggah Keluarga Milik Warga Dukuh Sari Tangeb Abianbase Ludes Terbakar

kebakaran
Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api di Banjar Dukuh Sari Tangeb Kelurahan Abianbase Mengwi. (ist)

MANGUPURA | patrolipost.com – Ditinggal pergi sembahyang ke Pura Dalem, Sanggah (tempat ibadah untuk keluarga) I Nyoman Nada (41) asal Banjar Dukuh Sari Tangeb Kelurahan Abianbase Mengwi, Badung ludes terbakar, Jumat (24/6/2022). Diduga api berasal dari percikan dupa yang masih menyala.

Nasib naas dialami oleh keluarga Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Saat ditinggal sembahyang hangus terbakar. pukul 14.00 Wita.

Bacaan Lainnya

Kebakaran pertama kali diketahui tetangga korban, bernama Ni Wayan Manjur sekira pukul 14.00 Wita. Dimana pada saat itu, saksi berada di warung miliknya dan tepat bersebelahan dengan sanggah milik korban.

“Saksi melihat asap dan percikan api berada di salah satu bangunan pelinggih sanggah,” ujar Bhabinkamtibmas Kelurahan Abianbase Aiptu I Ketut Sumadi Putra.

Melihat kejadian tersebut, saksi Ni Wayan Manjur langsung meminta bantuan warga untuk memadamkan api sambil menghubungi korban via telepon.

Kemudian, Aiptu I Ketut Sumadi Putra yang juga menerima laporan dari masyarakat tentang adanya kebakaran tersebut, langsung meluncur dan mendatangi TKP sekaligus melaporkan peristiwa kebakaran ke Mako Polsek Mengwi serta menghubungi pemadam kebakaran.

“Sebelum melaksanakan persembahyangan ke Pura Dalem, korban sempat melakukan persembahyangan di Sanggahnya dengan membiarkan dupa masih menyala pada bangunan pelinggih Gedong Meru,” bebernya.

Sehingga, kebakaran diduga berasal dari percikan api dupa, sehingga membakar atap bangunan pelinggih yang terbuat dari ijuk tersebut.

Lebih lanjut, Ketut Sumadi menerangkan tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Namun, sebanyak 3 buah bangunan pelinggih hangus terbakar, yakni Pelinggih Gedong Meru, Atap Pelinggih Pesaren dan Atap Pelinggih Balai Pelik.

“Api sudah berhasil dipadamkan dengan mengerahkan 2 unit mobil pemadam kebakaran Pemkab Badung,” ungkap Aiptu Sumadi Putra, seraya menambahkan, belum diketahui pasti jumlah kerugian yang dialami korban akibat kebakaran tersebut. (030)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.