Wabub Buleleng: KNPI Harus Menjadi Motor Penggerak Organisasi Kepemudaan

knpi
Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutjidra SpOG membuka Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Buleleng, Jumat (24/6). (cha)

SINGARAJA | patrolipost.com – Wakil Bupati (Wabup) Buleleng dr I Nyoman Sutjidra SpOG membuka  Musyawarah Daerah (Musda) ke-18 dan Pengukuhan Dewan Pengurus Daerah (DPD)  Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Buleleng tahun 2022, Jumat (24/6). Musda KNPI Buleleng ini juga dihadiri Ketua KNPI Provinsi Bali, Ketua KNPI Kabupaten Buleleng, dan beberapa Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng.

Dalam sambutannya Sutjidra mengajak wadah berhimpunnya organiasai pemuda itu untuk menjadi motor penggerak organisasi kepemudaan  khususnya di Kabupaten Buleleng. Disamping itu Sutjidra juga berpesan agar pengurus DPD KNPI Kabupaten Buleleng yang baru, mampu membuat perubahan terhadap kegiatan kepemudaan serta ikut berperan aktif, sehingga menjadi salah satu kekuatan bagi pembangunan kepemudaan  yang muaranya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat  Buleleng.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Wabup Sutjidra menyampaikan, pengurus yang terpilih harus dapat bersinergi dengan organisasi kepemudaan lainnya, masyarakat Buleleng dan tentunya juga dengan Pemerintah Kabupaten Buleleng.

“Secara aklamasi terpilih bapak Gede Parma sebagai Ketua KNPI, harapannya ke depan dari Pemkab Buleleng sudah tentu jalinan kerjasama menjadi mitra kerja Pemkab Buleleng dengan KNPI ini bisa ditingkatkan lagi,” ujar Sutjidra.

Selain itu, Wabup Sutjidra menambahkan, KNPI merupakan wadah bagi Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) dan tempat pembinaan kepemudaan.

“Artinya dari beberapa OKP ini dari berbagai latar belakang ini bisa bersatu menyamakan persepsi, mencegah intoleransi, pembinaan pembangunan karakter, memberikan masukan untuk pembangunan Kabupaten Buleleng ke depan,” imbuhnya.

Wabup Sutjidra menegaskan, pemuda yang tergabung dalam KNPI harus menjunjung toleransi. Sehingga tidak ada bibit-bibit radikalisme.

“Kami bersyukur sekali bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh KNPI ini bisa mencegah intoleransi dan radikalisme. Ini poin yang paling penting yakni pembangunan karakter bangsa,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Kabupaten Buleleng terpilih I Putu Gede Parma memaparkan, visi misi kedepan yang akan dilakukan oleh DPD KNPI.

“Jadi visi misi kami ke depan adalah revitalisasi jilid dua dan mengembangkan kepemudaan baik fisik dan non fisik SDM dan struktur-struktur dalam kaitan kami menjadi mitra strategis pemerintah,” paparnya.

Ditambahkan, KNPI akan menjunjung tingi solidaritas dan kebersamaan antar pemuda. “Poin yang jadi isu kekinian adalah soliditas, bagaimana menjaga persatuan dan kebersamaan baik di internal KNPI dan keseluruhan OKP. Termasuk juga pilkada di depan kita, bagaimana kita tetap menjaga soliditas,” imbuhnya.

Gede Parma berharap adanya dukungan dari seluruh stakeholder untuk membantu berjalannya program-program dari KNPI. “Ke depan kami berharap dukungan seluruh stakeholder baik itu pemerintah, tokoh adat, pemuda itu sendiri, industri swasta serta media. Kami berharap gerak pemuda semakin cepat dan solid dinamis ke depan,” tandasnya. (625)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.