Inovasi Puspa Aman Kabupaten Gianyar Dikunjungi Bupati Labuhanbatu Utara

gianyar 44444
Kabupaten Gianyar kembali dijadikan studi tiru terkait dengan ketahanan pangan oleh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara. Rombongan Labuhanratu Utara dipimpin Bupati Hendri Yanto Sitorus SE MM. dan Wakil Bupati H Samsul Tanjung ST MH. Rombongan diterima Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun bersama Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra, Kamis (23/6/2022). (kominfo/eka)

GIANYAR | patrolipost.com – Setelah dijadikan studi tiru oleh Pemerintah Kabupaten Bone, kini program inovatif Puspa Aman (pusat pangan alami mandiri asri nyaman) Kabupaten Gianyar kembali dijadikan studi tiru terkait dengan ketahanan pangan oleh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara. Rombongan Labuhanratu Utara dipimpin langsung Bupati Hendri Yanto Sitorus, SE, MM. dan Wakil Bupati H. Samsul Tanjung, ST, MH. Rombongan diterima Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun bersama Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra di ruang sidang utama Kantor Bupati Gianyar (23/6/2022).

Bupati Labuhanbatu Utara Hendri Yanto Sitorus mengatakan dirinya sangat tertarik dengan inovasi Kabupaten Gianyar Puspa Aman yang terintegrasi dengan TPS3R dan Aku Hatinya PKK terutama terkait dengan pengelolaan sampah hingga dapat dijadikan pupuk bahkan dapat dijadikan sumber penghasilan bagi masyarakat Kabupaten Gianyar.

“Kami harapkan nantinya Bapak Wakil Bupati dan Ketua TP PKK memberikan pengarahan, bagaimana cara mengedukasi masyarakat yang nantinya bisa kami tiru di daerah kami,” kata Hendri Yanto Sitorus.

Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun mengatakan sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi Bali yang memiliki luas 368 Km2 atau 6,53 persen dari wilayah Pulau Bali serta terdiri dari 7 Kecamatan yang mempunyai banyak objek pariwisata unggulan. Kabupaten Gianyar juga memiliki program inovatif yang dijadikan percontohan terkait dengan ketahan pangan, Puspa Aman, yang diintegrasikan dengan program Aku Hatinya PKK dan TPS3R.
Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra mengatakan terkait peran TP PKK dengan program sinergitas antara Puspa Aman, Aku Hatinya PKK dan TPS3R. Berdasarkan 10 program pokok PKK sudah tertuang di Pokja 3 dan Pokja 4 yaitu Aku Hatinya PKK dan kelestarian lingkungan.

“Sehingga dengan program ini kami sinergikan menjadi sebuah program unggulan. Jadi kita membantu pemerintah dengan melakukan pendekatan baik kelompok dasa wisma dan kader-kader PKK serta kepala desa,” jelas Surya Adnyani Mahayastra.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, pada tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19, TP. PKK Kabupaten Gianyar melaksanakan Road Show penanaman bibit tanaman yang menyasar rumah tangga ke masing-masing kecamatan yang ada dengan menggandeng semua organisasi wanita termasuk OPD terkait.
“Ketika pandemi melanda, sehingga ketahanan pangan masih tetap terjaga. Paling tidak ketahan pangan di masing-masing rumah tangga masih ada. Terlebih dilengkapi dengan TPS3R dan Puspa Aman di setiap desa,” tambah Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Lebih lanjut, Bupati Labuhanbatu Utara sangat terkesan dengan inovasi Kabupaten Gianyar, terutama dengan aturan dan payung hukum jelas yang menaungi inovasi tersebut.

Di akhir acara rombongan mengunjungi Puspa Aman Kabupaten Gianyar yang berada di Desa Sidan. (kominfo/eka)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.