Kementan RI – Komisi IV DPR RI Gelar BTS Tanaman Kedelai di Matim

bimtek1
Bimbingan Teknis dan Sosialisasi (BTS) Tanaman Pangan (kedelai)  di Kabupaten Manggarai. (ist)

BORONG | patrolipost.com – Komisi IV DPR RI Fraksi Nasdem bersama dengan Direktorat Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI  melaksanakan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi (BTS) Tanaman Pangan (kedelai)  di Kabupaten Manggarai Timur di Aula Marios, Borong, Senin (20/6/2022).

Bimtek yang difasilitasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Timur ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai timur Ir Boni Hasudungan. Hadir pada kegiatan tersebut Perwakilan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Ichsan STP, perwakilan Dinas Pertanian Provinsi NTT, off taker dari PT Doa Bangsa Agribisnis, Erik Teguh Herwinda SE, Kadis Pertanian Manggarai Timur, Jhon Sentis bersama jajaran, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutanya mewakili Bupati Manggarai Timur, Sekda Boni menyampaikan terimakasih kepada Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Nasdem dan Kementerian Pertanian yang telah memberi perhatian besar untuk pertanian dan para petani di Manggarai Timur.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Manggarai Timur kami mengucapkan terima kasih kepada Fraksi Partai Nasdem dan Kementerian Pertanian RI, atas perhatian dan bantuan yang selama ini telah diberikan kepada petani di Matim. Kami merasakan manfaat dari banyaknya kegiatan bidang pertanian dan tanaman pangan yang selama ini telah dilaksanakan,” jelasnya.

Sekda Matim juga berharap agar Bimtek dan sosialisasi ini dapat memberikan manfaat dan perubahan baik itu bagi para petani, penyuluh pertanian maupun pemerintah.

“Harga kedelai yang rendah adalah salah satu faktor yang menyebabkan petani malas menanam kedelai, dengan adanya Bimtek ini semoga saja semangat petani akan semakin tumbuh untuk menanam kedelai. Diharapkan juga berbagai produk olahan dari bahan kedelai akan semakin banyak dimasyarakat Matim, syukur kalau bisa membantu ketersediaan kedelai nasional yang mencapai 2-3 juta ton pertahun,” ungkapnya

Menurut Sekda Matim,  penyuluh pertanian sebagai pendamping petani di lapangan harus lebih semangat untuk memberi motivasi kepada para petani, apalagi sekarang ada off taker di lapangan.

Diketahui, luas lahan kedelai di Manggarai Timur pada tahun 2021 seluas 117 ha dengan rata-rata produksi 0.75 ton/ha, sedangkan kebutuhan kedelai nasional mencapai 2-3 juta ton per tahun. (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.