Anjing Liar Resahkan Pedagang Pasar Kidul Bangli

anjing liar
Anjing liar di Pasar Kidul Bangli. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Keberadaan anjing liar di areal Pasar Kidul Bangli membuat resah para pedagang. Pasalnya, anjing tak bertuan tersebut selain membuat kondisi pasar kotor juga acap kali merusak barang milik pedagang yang disimpan di lapak.

Menurut salah seorang pedagang Jro Sutiasih, keberadaan anjing liar cukup meresahkan pedagang baik yang berjualan di lantai dasar maupun di lantai dua.  Anjing lair acapkali kencing dan buang kotoran dekat lapak pedagang. Disamping itu anjing liar sering kali naik ke atas lapak dan merusak barang dagangan milik pedagang.

Bacaan Lainnya

Menurut pedagang asal Kota Bangli, setidaknya ada sembilan ekor anjing liar masuk ke areal dalam pasar. ”Biasanya anjing masuk ke dalam pasar sore hari ketika pedagang sudah mulai tutup lapak atau kios,” ujarnya, Selasa (21/6/2022).

Kata Jro Sutiasih keberadaan anjing lair juga membuat pedagang diselimuti perasaan cemas, karena tidak tutup kemungkinan anjing liar bisa saja menggigit  pedagng maupun pengunjung pasar.

”Kami mendesak instansi terkait segera ambil langkah penanganan, jangan sampai setelah ada yang jadi korban gigitan baru turun lakukan tindakan,” harapnya.

Sementara Kepala Pasar Kidul Bangli, I Dewa Gede Agung Adi Oka saat dikonfirmasi tidak menampik soal keberadaan anjing liar tersebut. Menurutnya  anjing liar baru masuk ke dalam pasar  ketika pasar sudah tutup. Anjing masuk lewat celah pintu pagar.

”Kami kerap dapat laporan dari pedagang terkait keberadaan anjing liar tersebut, dan sudah sangat meresahkan,” ujarnya.

Menurut Agung Adi Oka  banyaknya anjing liar di areal pasar hal ini tidak terlepas masih banyaknya warga  membuang anjing di areal pasar. Sejatinya  beberapa bulan lalu sempat dilakukan eliminasi oleh Dinas PKP, namun dalam pelaksanaanya sempat dapat protes dari pemilik anjing yang dieliminasi.

”Jalan keluar yang bisa dilakukan agar anjing tidak sampai  masuk ke dalam pasar dengan cara merapatkan celah lubang pada pagar dan pintu pagar,” sebutnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.