TOSS Klungkung, Salah Satu Role Model Pengelolaan Sampah di Apkasi

apkasi 11111
Raker Nasional Apkasi dihadiri langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta selaku Koordinator Wilayah (Korwil) Apkasi Wilayah Bali, menghadiri Rapat Kerja Nasional XIV Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Tahun 2022 dan dirangkaikan dengan kegiatan HUT Apkasi ke-22. Acara berlangsung di Hotel Pullman Vimala Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/6).

Suasana hangat dan penuh kekeluargaan mewarnai jalannya Rakernas Apkasi Tahun 2021 yang dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dan dihadiri oleh 416 bupati sebagai kepala Daerah Pemerintah Kabupaten se-Indonesia atau yang mewakili. Rekernas mengangkat tema “Dengan Semangat Kolaborasi, Kita Sukseskan KTT G20 untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional yang Kuat dan Berkelanjutan”.

Ketua Umum Apkasi , Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Bupati Dharmasraya mengatakan, Apkasi tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya, telah menjadi mitra strategis pemerintah maupun lembaga lain yang memiliki visi yang sama dengan Apkasi dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah.

Kegiatan hubungan kelembagaan yang dilakukan Apkasi telah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap program-program pembangunan nasional. Eksistensi Apkasi setidaknya telah menjadi main resource bagi sejumlah lembaga penggiat otonomi daerah dalam memahami perkembangan dan pembangunan daerah dengan memecahkan masalah serta berkolaborasi yang baik.

“Ada empat rangkaian agenda kegiatan yang akan dilaksanakan pada peringatan tersebut, yaitu Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas), Turnamen Golf Charity Cup, pertandingan sepak bola persahabatan antara Tim Apkasi Pusat dengan Tim Pemerintah Kabupaten Bogor, dan Pemilihan Putri Otonomi Daerah Tahun 2022,” ujar Sutan Riska Tuanku Kerajaan

Sementara Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta selaku Koordinator Wilayah (Korwil) Apkasi Wilayah Bali, berharap Apkasi sebagai fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah pusat, memfasilitasi kerjasama antar daerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi, pertukaran ide, informasi dan pengalaman antar pemerinitah daerah serta mendorong promosi potensi daerah untuk meningkatkan citra daerah dalam rangka menghadapi persaingan regional dan global.

“Melalui Apkasi sebagai penyedia advokasi, mediasi dan fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat dengan segala potensi-potensi yang dimiliki bisa dikembangkan untuk dapat mensejahterakan masyarakat,” harap Bupati Suwirta. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.