Program Padat Karya Tunai, Desa Dauh Puri Kaja Buka Lahan untuk Ketahanan Pangan

padat karya tunai
Pembukaan lahan untuk program Padat Karya Tunai tentang Ketahanan Pangan Hewani dan Nabati di Jalan Kalisari Gang I Dusun Lumintang. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Desa Dauh Puri Kaja membuka lahan untuk program Padat Karya Tunai tentang Ketahanan Pangan Hewani dan Nabati di Jalan Kalisari Gang I Dusun Lumintang, Kamis (16/6/2022). Lahan yang akan digunakan seluas 700 m² untuk membuat kandang ayam dan menanam berbagai sayuran.

Perbekel Desa Dauh Puri Kaja I Gusti Ketut Sucipta mengatakan, kandang yang dibuat tersebut akan digunakan untuk memelihara ayam kampung. Adapun program ini akan dikelola sebanyak 12 orang masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan atau pengangguran.

Bacaan Lainnya

Desa Dauh Puri Kaja membuat program  Padat Karya Tunai tentang Ketahanan Pangan Hewani dan Nabati, tentunya untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat serta mengurangi angka kemiskinan. Hal ini sesuai dengan tindak lanjut dari program pemerintah pusat, berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa.

“Khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” terangnya.

Lebih lanjut Ketut Sucipta menuturkan, hasil panen yang dilakukan akan diputar untuk membesarkan ternak ayam. Sehingga dengan adanya program Padat Karya Tunai ini warga bisa terbantu dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

“Bantuan yang akan diterima tidak cuma-cuma, di sisi lain program ini dapat mendidik warga untuk ikut berpartisipasi dan lebih aktif lagi dalam berusaha tani dan ternak,” tuturnya.

Sucipta menambahkan, pembukaan lahan ini turut melibatkan warga Desa Dauh Puri Kaja, Ketua BPD, Tim Ahli Kota Denpasar, Tim Pendamping Desa Kecamatan Denpasar Utara, Klian Adat Banjar Lumintang, Kadus se-Desa Dauh Puri Kaja. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.