Kunjungan Wisman ke Bali Melonjak 5 Ribu per Hari dan Wisdom Capai 10 Ribu

arus bandara
Arus lalu lintas penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Ist

DENPASAR | patrolipost.com – Sejak kebijakan Visa on Arrival (VoA) untuk 72 negara dan tanpa karantina diberlakukan di Bali, kedatangan wisatawan mancanegara (Wisman) melonjak. Saat ini, kunjungan rata-rata wisman mencapai 5 ribu per hari.

Hal yang sama juga terjadi pada wisatawan domestik. Kunjungan rata-rata harian mencapai 10 ribu orang. Data itu tercatat dari kunjungan wisatawan melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Bacaan Lainnya

“Kita semua berharap, pandemi covid-19 dapat terus dikelola dengan baik, sehingga momentum bangkitnya pariwisata dan perekonomian Bali berjalan semakin cepat,” kata Gubernur Bali Wayan Koster, Senin (13/6/2022).

Gubernur memaparkan hal itu saat menjadi keynote speaker dalam acara International Summer School 2022 di Universitas Warmadewa.

Dalam pernyataaannya, Koster mengajak agar pandemi Covid-19 menjadi pembelajaran. Dari situ terlihat, pariwisata sangat rentan terhadap faktor eksternal seperti ganguan keamanan maupun bencana alam/non-alam yang tidak dapat diprediksi.

Saat pandemi, pertumbuhan ekonomi Bali mengalami kontraksi sebesar (-) 9,33% dan tahun 2021 mengalami kontraksi sebesar (-) 2,47%. Sejalan dengan terus membaiknya pandemi Covid-19, pada Triwulan I tahun 2022, pertumbuhan ekonomi Bali sudah positif sebesar 1,46%.

Saat ini, Pemprov Bali melakukan perubahan struktur dan fundamental perekonomian Pulau Dewata. Cara yang ditempuh dengan melakukan transformasi perekonomian Bali melalui konsep Ekonomi Kerthi Bali. Konsep itu merupakan implementasi dari Visi Pembangunan Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

“Saya berharap International Summer School 2022 berjalan lancar, aman, dan sukses. Selain itu, dapat menghasilkan pokok-pokok pikiran dan rekomendasi yang dapat menjadi kontribusi dalam membangun tatanan dunia baru pasca pandemi Covid-19,” jelasnya. (pp03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.