Wow! Nomor Induk Anggota Khilafatul Pengganti KTP

khilafatul muslimin 22222
Anggota khilafatul muslimin ditangkap pihak kepolisian. Khilafatul Muslimin memancing perhatian setelah dianggap mengusung ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. (ist)

JAKARTA | patrolipost.com – Polda Metro Jaya mengatakan organisasi kemasyarakatan Khilafatul Muslimin membuat nomor anggota untuk menggantikan e-KTP. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E. Zulpan mengatakan, hal itu diketahui dari penggeledahan di kantor Khilafatul Muslimin di Lampung.

“Mereka membuat nomor induk warga. Di mana nomor induk warga untuk menggantikan e-KTP yang diterbitkan pemerintah Indonesia,” kata Zulpan dalam jumpa pers di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (12/6).

Zulpan menyampaikan penyidik menemukan buku daftar anggota saat penggeledahan. Dia menyebut jumlah anggota Khilafatul Muslimin mencapai puluhan ribu orang.

Dalam operasi Sabtu (11/6), Polda Metro Jaya juga mengamankan sejumlah buku ideologi khilafah. Mereka pun menemukan uang tunai berjumlah Rp2,3 triliun.

Kepolisian pun menangkap empat orang di Medan, Bandar Lampung, dan Bekasi. Total tersangka yang telah diringkus Polda Metro Jaya terkait Khilafatul Muslimin berjumlah lima orang.

“Keempat orang ini kita tetapkan tersangka. Tiga orang di Polda Metro menjalani pemeriksaan dan menjalani penahanan,” tuturnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menangkap pimpinan dan pendiri Khilafatul Muslimin bernama Abdul Qadir Baraja. Abdul diringkus setelah ramai pawai kebangkitan khilafah di Jakarta Timur.

Terpisah, Polda Jabar telah menetapkan sedikitnya lima tersangka kelompok Khilafatul Muslimin. Penyidik juga masih membidik tersangka lain atas kasus dugaan makar ini.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Komisaris Besar Ibrahim Tompo mengatakan, dari lima tersangka, dua orang berasal dari Kabupaten Karawang. Sedangkan, tiga orang lainnya berasal dari Cimahi.

Untuk di Karawang, penyidik Polres Karawang menetapkan HM dan EU sebagai tersangka. HM diketahui merupakan pimpinan Khalifatul Muslimin wilayah Purwakarta, Subang dan Karawang (Purwasuka) sedangkan EU sebagai koordinator.

Sedangkan, di Cimahi tiga pria yang ditangkap yakni AE, AS dan YN. AE menjabat sebagai Amin Ummul Quro Bandung, AS sebagai Kemakzulan Cimahi dan YN sebagai Baitul Mal Ummul Quro Bandung.

“Di Cimahi ada tiga tersangka, sedangkan di Karawang ada dua tersangka. Sudah dilakukan penahanan,” kata Ibrahim, Sabtu (11/6).

Organisasi Khilafatul Muslimin memancing perhatian setelah konvoi menggunakan sepeda motor di Cawang, Jakarta Timur beberapa waktu lalu. Konvoi pemotor dengan poster bertuliskan kebangkitan khilafah  itu terjadi pada Minggu (29/5). (305/cnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.