Peringati Hari Laut Sedunia, Santri TPQ Masjid Agung Jami’ Singaraja Gelar Wisata Bahari

wisata1
Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Masjid Agung Jami' Singaraja menggelar kegiatan wisata Bahari di seputaran laut Buleleng. (ist)

SINGARAJA | patrolipost.com – Memperingati Hari Laut Sedunia, puluhan santri bersama orangtua dan guru dari Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Masjid Agung Jami’ Singaraja menggelar kegiatan wisata Bahari di seputaran laut Buleleng, Rabu (8/6/2022). Kegiatan yang diprakarsai oleh sejumlah guru TPQ ini bertujuan untuk mengenalkan sejak dini kepada anak agar senantiasa menjaga lingkungan alam sekitar utamanya lautan.

“Kegiatan luar lapangan ini bertepatan dengan hari laut sedunia, kemudian kami ajak anak-anak dan orangtuanya untuk berwisata Bahari sekaligus mengenalkan keindahan laut Buleleng yang harus dijaga bersama-sama,” kata Kepala TPQ Masjid Agung Jami’ Singaraja Imaduddin Syamil.

Bacaan Lainnya

Syamil mengatakan pada kegiatan ini, TPQ Masjid Agung Jami’ Singaraja menggandeng Muhammadiyah Buleleng yang memiliki salah satu amal usaha yaitu Wisata Bahari Mu.

Lebih lanjut, Syamil menerangkan bahwa dipilihnya Muhammadiyah Buleleng lantaran dari sisi keamanan tentunya sudah menyediakan fasilitas rompi, pelampung dan juga dinahkodai oleh orang yang sudah terampil dalam mengemudikan kapal.

“Sebagai informasi, sejarah peringatan Hari Laut Sedunia, dilansir dari laman resmi United Nations, konsep Hari Laut Sedunia pertama kali diusulkan pada tahun 1992 di KTT Bumi, Rio de Janeiro,” jelasnya.

Menurutnya, konsep tersebut diusulkan sebagai cara untuk merayakan laut bersama penduduk di seluruh dunia. Kemudian, disepakti peringatan Hari Laut Sedunia diperingati setiap tahunnya pada 8 Juni. Adapun tema Hari Laut Sedunia 2022 ini yakni Revitalization: Collective Action for The Ocean” atau Revitalisasi: Asi Kolektif untuk Laut. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.