Bupati Suwirta Ingatkan Pentingnya Sensus Penduduk 2020 Lanjutan

pati 1111111
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, kepala desa, perbekel, dan lurah diminta untuk bersama-sama sukseskan sensus penduduk. Ajakan tersebut disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat membuka acara Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Lanjutan Kabupaten Klungkung, yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Klungkung di Ruang Rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Senin (6/6/2022).

Kegiatan Sensus Penduduk 2020 ini dilaksanakan ke dalam dua tahapan rangkaian yaitu pendataan penduduk dengan menggunakan short form dan instrumen lain pada tahun 2020, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan long form pada tahun 2021, namun dikarenakan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19, dan pertimbangan potensi penolakan responden, pelaksanaan pendataan Long Form SP2020 ini dilaksanakan pada tahun 2022.

Kepala BPS Kabupaten Klungkung Putu Minarni dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Long Form SP2020 ini dilaksanakan pada tanggal 1-30 Juni 2022, dengan melibatkan petugas lapangan sebanyak 94 orang. “Kegiatan Long Form SP2020 ini ditujukan untuk mendapatkan parameter demografi yang akurat, serta memperoleh data-data yang lebih lengkap terkait parameter demografi, pendidikan, disabilitas, ketenagakerjaan maupun perumahan.”ujar Putu Minarni.

Bupati Suwirta dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa data yang diperoleh dari sensus penduduk ini memiliki peran yang sangat penting. “Kunci dari penganggaran pembangunan dan pengambilan keputusan dari kebijakan adalah data, pembangunan dapat terus berkelanjutan apabila datanya berkelanjutan, tepat, dan dapat dipertanggungjawabkan, sehingga keputusan yang diambil tidak bermasalah atau lepas dari yang dianggarakan,” ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut, Bupati Suwirta meminta kepada seluruh OPD, camat, kepala desa, perbekel dan lurah agar pelaksanaan sensus penduduk ini selalu di cross check pencapaian setiap harinya.

“Pastikan selalu berkoordinasi dengan BPS, pegang data real time capaian setiap hari, desa yang terlambat atau belum mencapai target segera dikoordinasikan, jadilah mediator apabila selama pendataan ada penolakan dari warga, yakinkan warga mengenai pentingnya pendataan dari sensus ini, sehingga sensus penduduk di Klungkung berjalan dengan lancar dan tepat waktu,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menyampaikan agar dalam pendataan ini juga dapat melibatkan Yowana Gema Santi, serta memanfaatkan aplikasi Klungkung Dalam Gengaman. Aplikasi ini memiliki fokus pada pengumpulan dan pengelolaan data kependudukan secara real-time dengan tujuan untuk mengetahui masalah kemiskinan, kesehatan, pendidikan dengan lebih cepat dan akurat, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan data yang lebih valid.

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Kepala BPS Kabupaten Klungkung Putu Minarni, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dukcapil Pande Made Anggarnata, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana I Wayan Suteja, yang dimoderatori oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.