Setelah Beraksi di 19 TKP, Polres Bangli Bekuk Residivis Curat Lintas Kabupaten

barang bukti
Kasat Reskrim Polres Bangli AKP Androyuan Elim saat menunjukan pelaku dan barang bukti kasus pencurian bertempat di Mapolres Bangli, Senin (6/6). (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Residivis pencurian dengan pemberatan (Curat), Putu Edy Kurniawan alias Unyil (36), dibekuk anggota Tim Opsnal Satu Reskrim Polres Bangli. Pria asal Desa Banjar Asem Kecamatan Seririt Buleleng ini melakukan aksi pencurian di beberapa kabupaten. Untuk di Bangli saja ada 19 TKP yang tersebar di empat kecamatan.

Kasat Reskrim Polres Bangli AKP Androyuan Elim mengatakan Putu Edy diamankan di wilayah Denpasar Timur pada Sabtu (4/6). Putu Edy yang tinggal sementara di wilayah Jimbaran ini melakukan aksi pencurian di toko maupun warung yang ada di Bangli.

Bacaan Lainnya

“Kami menerima laporan kasus pencurian. Pada 1 April lalu terjadi kasus pencurian di Banjar Penglumbaran Desa/Kecamatan Susut. Dari penyelidikan yang dilakukan terduga pelaku mengarah pada Putu Edy,” ungkapnya, Senin (6/6/2022).

Setelah diamankan dan dilakukan interogasi, Putu Edy mengakui perbuatannya. Selain mencuri di Banjar Penglumbaran, pelaku juga melakukan pencurian di belasan TKP lainnya.

“Di Kecamatan Bangli ada 8 TKP, tapi yang dilaporkan 4 TKP. Di Kecamatan Susut ada 7 TKP tapi dilaporkan 2 TKP. Sedangkan Tembuku dan Kintamani masing-masing dua TKP,” kata AKP Androyuan Elim didampingi Kanit I Sat Reskrim Polres Bangli, Ipda Demiral Safriansyah.

Lebih lanjut, pelaku dominan menyasar warung dan juga toko. Barang yang diambil seperti tabung gas elpiji 3 kilogram, uang tunai dan handphone. Selain itu pelaku juga melakukan aksinya di wilayah Gianyar, Tabanan dan Denpasar. Putu Edy mengambil dompet dan surat-surat milik korban disimpan. “Ada KTP, ATM milik para korban disimpan rapi oleh pelaku,” ujarnya.

AKP Androyuan Elim mengaku masih melakukan pengembangan, dan akan berkoordinasi dengan Polres Gianyar maupun Tabanan untuk mengecek kemungkinan adanya TKP yang lain. “Aksinya di Bangli berlangsung dari bulan Februari,” jelasnya.

Sementara itu barang bukti yang diamankan dua buah Handphone, 25 tabung gas elpiji 3 kilogram, uang tunai Rp 2.380.000, empat KTP, empat SIM, empat ATM, tiga kartu BPJS, dua buah dompet, satu unit sepeda motor.

Atas perbuatannya, Putu Edy dijerat pasal 362 KUHP jo Pasal 65 Ayat (1) ke 1 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara.

Di sisi lain, Putu Edy mengaku mengaku mencuri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga foya-foya. Sebelumnya dirinya sudah dua kali ditahan karena kasus pencurian. “Sempat ditahan karena mencuri uang sesari,” ujarnya.

Pria lajang ini mencuri tabung gas elpiji, kemudian ia jual di wilayah Kuta Selatan, Badung. Saat melakukan aksinya, Putu Edy bisa membawa 4 tabung gas sekaligus menggunakan sepeda motor. “Tabung dijual sekitar Rp 125 ribu per buah,” sebutnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.