Arung Jeram Melangit Bali Adventure, Wahana Baru Terpopuler di Klungkung

wisata 11111
Desa Wisata Bakas, Kecamatan Banjarangkan kembangkan Melangit Bali Adventure dan menjadi wahana terpopuler di Klungkung. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Sejumlah Desa Wisata di Kabupaten Klungkung, utamanya yang memiliki wisata arung jeram kini mulai menggeliat seiring dibukanya kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. Seperti Desa Wisata Bakas mulai berlomba menggaet wisatawan.

Salah satunya adalah destinasi arung jeram yang kini mulai populer yaitu Melangit Bali Adventure yang ada di Desa Wisata Bakas, Kecamatan Banjarangkan.

Destinasi arung jeram yang berlokasi di Banjar Kawan, Desa Bakas ini dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektarm yang dulunya merupakan semak belukar. Dengan keindahan alam, di lokasi tersebut para pengunjung akan diajak menyusuri kealamian Sungai Melangit dengan perahu kayak. Yang menarik, destinasi ini dibangun saat sektor pariwisata masih vakum karena pandemi sekitar bulan November 2021 lalu. Hal itu dijelaskan Owner Melangit Bali Adventure, IB Agung Surya Saputra, Minggu (29/5/2022).

“Saat pandemi melanda kita semua balik ke desa, kita pikir apa yang bisa diperbuat selama pariwisata vakum. Jadi semua sepakat membangun Desa Wisata Bakas. Kita telusuri seluruh area mana yang kira-kira memiliki potensi bagus dan bisa dikembangan ketika pandemi berlalu,” ungkapnya.

Menurut nya, saat awal dibuat nya lokasi Melangit Bali Adventure masih berupa pepohonan yang lebat, dekat persawahan dan juga ada tebing curam yang di bawahnya terdapat aliran Sungai Melangit. Dengan kesungguhan hati secara pasti lokasi tersebut kemudian ditata dan dilengkapi dengan rumah juglo, rest area, restoran, serta hamparan taman bunga yang kini nampak indah dipandang mata.

“Kita punya satu wahana unggulan, yaitu kayak. Kayak ini seperti perahu kecil dengan kapasitas 3 orang. Nanti pengunjung akan diajak menyusuri sungai dengan alur sepanjang Sungai Melangit sejauh empat kilometer, waktu tempuhnya kira-kira sekitar 1,5 jam hingga finish di wilayah Desa Tusan,” jelasnya.

Kemudian tebing curam ditata hingga memudahkan pengunjung untuk mencapai aliran Sungai Melangit. Dari titik tersebut, kemudian pengunjung akan diajak menyusuri aliran Sungai Melangit dengan menggunakan kayak.

Sejak dilaunching pada tanggal 15 April 2022 lalu, sampai saat ini Melangit Bali Adventure masih memberlakukan masa promosi. Yang mana IB Surya Saputra mengatakan, selama harga promo pengunjung hanya dikenai biaya Rp100.000 per-orang untuk menikmati semua wahana di lokasi tersebut. Masa promo ini rencananya akan diberlakukan hingga bulan Juni mendatang.

“Kita optimis setelah pandemi berlalu, objek ini akan semakin dikenal. Kita punya pemandangan Tukad Melangit, dari Denpasar cuma 45 menit tanpa macet. Di sini lokasinya masih ‘virgin’ dan masih tersembunyi. Tradisi masih sangat dipegang erat oleh masyarakat. Petani juga masih sangat tradisional dan jalan-jalan masih asri,” paparnya.

Sementara, Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata (Forkom Dewi) Klungkung, Wayan Malendra berharap kehadiran Melangit Bali Adventure ini dapat menambah daftar lokasi kunjungan di Desa Wisata Bakas. Saat ini Desa Wisata Bakas berdenyut lagi. Di tempat ini ada beberapa aktivitas kuliner sudah tumbuh dan sekarang ditambah lagi wahana arrung jeram Rafting Melangit Bali Adventure.

“Desa Wisata Bakas kini pasca melandainya Covid-19, kunjungan wisatawan khususnya wisatawan lokal ke Desa Wisata Bakas mulai menggeliat. Rata-rata ada 200 sampai 300 pengunjung yang datang per-harinya,” pungkasnya. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.