Sempat Terhenti karena Pandemi Covid-19, Organisasi Pemuda di Pemecutan Kembali Lakukan Kegiatan

pemuda pemecutan
Kegiatan jalan sehat dalam acara HUT ke-84 ST Tunggal Adnyana Taruna. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Setelah Presiden Jokowi mengumumkan kelonggaran terkait pemakaian masker pada siaran persnya, Selasa (17/5/2022) lalu, masyarakat mulai kembali beraktifitas secara normal.

Pelonggaran itu menjadi salah satu pondasi bagi ST Tunggal Adnyana Taruna, organisasi kepemudaan di lingkup banjar, yang berada di bawah Banjar Gelogor, Pemecutan siap untuk melakukan kegiatan yang sempat terhenti karena Covid-19.

Organisasi kepemudaan ini kembali menggelar HUT ke-84 dengan mendatangkan ratusan warga. Selain itu, akan dilaksanakan acara pergantian kepengurusan pada puncaknya di tanggal 1 Juni 2022 nanti. Selain itu juga ada 6 hingga 8 stan UMKM.

Sementara itu, sejak Minggu pagi, tak kurang dari 300 warga telah berkumpul di Jalan Bukit Tunggal, Denpasar Barat untuk melaksanakan kegiatan Jalan Sehat, kegiatan yang bertahun-tahun tak terdengar di Pemecutan, bahkan Provinsi Bali, akibat pandemi.

Lurah Kelurahan Pemecutan, Ida Bagus Agung Upawana Manuaba mengatakan, kegiatan ini baru berjalan pertama kali semenjak pandemi di wilayah yang dipimpinnya. Setidaknya melalui kegiatan ini kata Manuaba, kerinduan warga mampu terobati, juga membangkitkan kembali kreativitas anak muda.

Dengan kasus Covid-19 yang turun, vaksinasi booster gencar, bahkan presiden sendiri memberikan kelonggaran, Bapak Walikota juga memberikan kelonggaran kalau di luar ruangan, kemudian yang booster boleh tidak pakai masker. Artinya kita sudah bisa untuk berkegiatan membangkitkan kembali perekonomian walaupun skala kecil, juga saatnya kembali menggali kreativitas,” kata Ida Bagus Agung Upawana, Minggu (29/5/2021).

Sementara itu, sepanjang perjalanan, sebagian besar warga melepas masker untuk menghirup udara segar pukul 7.00 Wita di jalanan. Kendati demikian, Protokol Kesehatan masih tetap berlaku dalam kegiatan ini. Kelian Adat Banjar Gelogor Putu Yudi Pranata mengungkapkan bahwa, imbauan soal menjaga jarak dan siaga masker terus dilakukan.

“Pertama kita melihat situasi, selama ini kita sudah lama sekali terdampak pandemi. Kemudian terakhir dari pernyataan Jokowi sebagai orang pertama kita menyatakan ada kelonggaran, terutama untuk tidak menggunakan masker,” kata Putu Yudi Pranata.

Yudi menambahkan, perayaan ini adalah dalam rangka HUT ST Tunggal Adnyana Taruna, sekaligus akan dilaksanakan acara pergantian kepengurusan pada puncaknya pada 1 Juni 2022 nanti.

Ketua Panitia Nyoman Bagus Putra Wirawan mengatakan, pada acara yang bertema ‘Adyana Ulawan Pagering’ ini, seluruh warga menjadi target dalam perayaan hari jadi tahun 2022.

“Target kami keseluruhan warga yang ada di lingkungan banjar turut berpartisipasi, seperti di hari ini ada murid SD, warga adat hingga dinas,” ujar Nyoman.

Sementara itu panitai penyelenggara mengaku akan tetap mengupayakan disiplin agar tak terjadi lonjakan kasus seperti bulan-bulan sebelumnya. (pp03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.