Jelang Akhir Tahun, Pengamanan Pintu Masuk Bali Diperketat

Petugas kepolisian memeriksaan barang bawaan penumpang di Pelabuhan Padangbai.

AMLAPURA | patrolipost.com – Menjelang musim libur Tahun Baru, pengamanan di pintu masuk Pelabuhan Padang Bai, mulai diperketat. Belasan personel kepolisian disiagakan untuk berjaga dan melakukan pemeriksaan di tiga pos pemeriksaan yang ada di pintu masuk dan keluar Pelabuhan Padang Bai, Karangasem.

Berdasarkan pantauan di pelabuhan ujung timur Bali ini, Senin (25/11), pemeriksaan terlihat cukup ketat. Begitu ada kapal sandar dan bongkar muat di dua dermaga di Padang Bai. Seluruh kendaraan dan penumpang yang baru turun dari kapal langsung dihentikan untuk selanjutnya dilakukan penggeledahan dan pemeriksaan, baik surat-surat kendaraan maupun identitas penumpang. Satu per satu kendaraan digeledah terhadap barang yang berada dalam bagasi. Sementara penumpang dalam kendaraan diperiksa identitasnya.

“Ini pemeriksaan rutin yang kita lakukan, apalagi menjelang perayaan akhir tahun penjagaan dan pemeriksaan kita perketat,” tegas Kapolsek Padang Bai, Kompol I Wayan Suberata.

Pemeriksaan dan penggeledahan ini dilakukan untuk menangkal masuknya anggota jaringan teroris maupun masuknya barang berbahaya seperti senjata tajam maupun bahan peledak yang ada kaitannya dengan anggota jaringan terlarang.

“Kita lakukan pemeriksaan identitas orang yang masuk ke Bali. Kalau ditemukan ada pendatang yang tidak memiliki atau melengkapi diri dengan KTP, kita langsung ambil tindakan tegas yakni memulangkan yang bersangkutan ke daerah asal,” tegas Kapolsek.

Namun sejauh ini belum ditemukan adanya barang berbahaya. Dalam pemeriksaan itu, sejumlah petugas dari Balai Karantina Hewan ikut melakukan pemeriksaan. Ini dilakukan untuk mencegah penyelundupan satwa yang dilindungi termasuk mencegah penyelundupan hewan yang tidak dilengkapi dengan dokumen dari Balai Karantina. (004)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.