Hindari Infeksi, Wanita Harus Kencing Usai Bercinta

INFEKSI menular seksual bukanlah hal sepele yang boleh diabaikan oleh para wanita. Ada banyak cara untuk mencegahnya, yakni dengan menggunakan kondom, tidak mencuci vagina dengan sabun keras dan douching, serta segera kencing 15 menit usai bercinta.
Mengapa demikian? Situs The Guardian memaparkan bahwa dengan mengosongkan kandung kemih bisa mengurangi risikomu terkena infeksi saluran kencing (ISK). ISK bisa sangat mengganggu kenyamanan dan berisiko menjadi masalah yang lebih besar di kemudian hari.
“Alasan mengapa wanita bisa terkena ISK usai seks adalah karena uretra (saluran kencing) sangat pendek dan kandung kemih berada di dekatnya, sehingga saat melakukan hubungan seks, penetrasi dapat membuat akses langsung bakteri ke saluran kencing,” tulis situs tersebut.
Meski pasanganmu adalah orang yang cukup bersih, risiko ISK tetap ada, bahkan menggunakan kondom ataupun memastikan pasangan sudah melakukan sunat atau belum. Seks penetrasi bisa mengganggu keseimbangan alami tubuh sehingga pastikan untuk segera kencing sesudahnya.
Baik pria dan wanita, kerap ada rasa ingin cepat ‘kering’ usai seks. Dalam kondisi tersebut hanya dengan membersihkan bagian luar kelamin dengan air saja sudah cukup, tanpa digosok ataupun menggunakan sabun. Sangat penting mengantisipasinya denga menggunakan kondom.(net)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.