Miss Global Estonia 2022 yang Tuding Polisi Bali Korup Telah Meninggalkan Indonesia

kemenkumham
Kepala Kanwilkumham Bali Anggiat Napitupulu. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Miss Global Estonia 2022 Valeria Vasilieva sempat viral karena menyebut polisi di Bali korup. Pernyataannya itu mendapat kecaman dari warga net serta meminta pihak Kepolisian mengusut kasus tersebut.

Kepala Kanwilkumham Bali Anggiat Napitupulu menjelaskan, proses hukum akibat video yang diunggah Valeria Vasilieva diserahkan kepada Kepolisian. Menurut Anggiat, pihaknya menelusuri, Valeria telah meninggalkan Indonesia melalui Bandara Ngurah Rai Bali pada Selasa, 17 Mei 2022 dengan menumpang maskapai Qatar Airways (QR 961) rute Denpasar-Doha.

Bacaan Lainnya

“Di media sosial melalui video yang diunggah yang bersangkutan kurang bisa dibuktikan kebenarannya, tapi sudah terlanjur viral,” kata Anggiat di Denpasar, Jumat (20/5/2022).

Dalam hal ini, kata Anggiat, Imigrasi tidak bisa memberikan sanksi cegah tangkal (cekal). Mengingat, Valerie telah meninggalkan Indonesia.

“Perihal pengenaan daftar blacklist kepada yang bersangkutan, tidak bisa dikenakan serta-merta, harus melalui permohonan atau pengajuan dari aparatur hukum terkait,” kata Anggiat.

Untuk menjatuhkan sanksi, pihak Imigrasi harus bertemu langsung dengan Valerie Vasilieva dalam proses pemeriksaan. Dari data keimigrasian, Valerie Vasilieva datang pertama kali ke Bali pada 25 April 2022 dengan menggunakan visa kunjungan.

Menurut Anggiat, pihaknya tidak tahu persis waktu dan lokasi pertama kali video itu diunggah di medsos sampai akhirnya menjadi viral.

“Bisa jadi video tersebut mungkin diunggah dalam persiapan meninggalkan Bali atau bahkan setelah keluar dari Bali,” terang Anggiat. (pp03)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.