Program PKTM Desa Dangin Puri Kelod Tanam Sayuran, 20 Persen Hasil Panen Disumbangkan

padat karya
Pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Murni (PKTM) di Desa Dangin Puri Kelod. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Desa Dangin Puri Kelod melaksanakan program Padat Karya Tunai Murni (PKTM) dengan memanfaatkan lahan kosong untuk menanam aneka sayuran dan membuat kolam ikan lele. Dimana, sebanyak 20 persen hasil dari panen disumbangkan ke Posyandu di setiap banjar yang ada di Desa Dangin Puri Kelod.

Perbekel Desa Dangin Puri Kelod I Made Sada, Jumat (20/5/2022) menjelaskan bahwa hasil panen yang telah disumbangkan ke Posyandu tersebut diolah langsung oleh kader PKK sebagai pemberian makanan tambahan dalam kegiatan Posyandu. Sedangkan untuk sisanya akan dijual oleh BUMDes.

Bacaan Lainnya

Pihaknya mengungkapkan, PKTM merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sehingga dengan langkah dan program PKTM diharapkan dapat menekan angka stunting di Kota Denpasar.

Sementara dalam kegiatan PKTM ini, pihaknya melibatkan sebanyak 8 orang yang tidak memiliki pekerjaan untuk melakukan penanaman sayur kangkung, terong dan tomat  serta memelihara ikan lele.

“Delapan orang yang dipekerjakan dalam melaksanakan program PKTM ini merupakan usulan dari setiap banjar bagi warga masyarakat yang benar-benar tidak memiliki pekerjaan,” ujar Sada.

Selain menampung tenaga kerja, program PKTM juga diharapkan dapat menambah ketahanan pangan dan dapat meningkatkan kesehatan warga dan mencegah terjadinya stunting. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.