Sosialisasi Penguatan Aku Hatinya PKK

gianyar 11111
TP PKK Kabupaten Gianyar terus bergerak memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam berbagai tanaman pangan maupun tanaman obat. (kominfo/lns)

GIANYAR | patrolipost.com – Meningkatkan ketahanan pangan keluarga, TP PKK Kabupaten Gianyar terus bergerak mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam berbagai tanaman pangan maupun tanaman obat.

Kamis (19/5) TP PKK Kab Gianyar kembali melaksanakan sosialisasi penguatan Aku Hatinya PKK (Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur lidah dan Nyaman) melalui pemanfaatan lahan pekarangan sebagai wujud dari program kerja Pokja III TP PKK serta mendistribusikan tanaman kepada pemenang lomba vlog Aku Hatinya PKK.

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar yang diwakili oleh Sekretaris PKK Kabupaten Gianyar Wayan Sriyani, mengatakan meskipun Puspa Aman Desa Peliatan masih kecil, namun memberikan dampak besar.

“Ibu-ibu PKK Desa Peliatan jangan berkecil hati bila Puspa Amannya kecil, karena walaupun kecil dampaknya sangat besar untuk ketahanan pangan. Jangan sampai Puspa Amannya besar tapi tak ada hasil,” ujarnya saat membuka sosialisasi di Kantor Desa Peliatan.

Dijelaskannya, program Aku Hatinya PKK merupakan program pemerintah pusat yang diterapkan secara berjenjang dan dilakukan sebaik mungkin terlebih dengan inovasi di setiap wilayah

Sriyani juga turut mengucapkan selamat kepada TP PKK Desa Peliatan yang telah berhasil meraih juara 2 lomba vlog Aku Hatinya PKK.

“Selamat telah meraih juara 2 Lomba Vlog, semoga apa yang ada di video benar-benar dilaksanakan dengan serius oleh PKK Desa Peliatan. Serta tanaman yang diberikan bisa didistribusikan dipelihara serta dimanfaatkan dengan baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kabid Keswadayaan dan Lembaga Kemasyarakatan Desa Kabupaten Gianyar, Dewa Gede Agung Purnawan mengatakan PKK merupakan ujung tombak pembangunan manusia dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dimana programnya sangat padat yang tertuang dalam 10 program pokok PKK.

“Hari ini, terkait hatinya PKK memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam tanaman pokok kalau dilaksanakan secara tekun dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga serta keberagamannya,” jelasnya.

“Dengan terpenuhi pangan keluarga, ketahanan pangan keluarga bisa terwujud,” sambungnya saat ditemui di Kantor Desa Sayan.

Sosialisasi pemanfaatan pekarangan dilaksanakan di 3 tempat yang berbeda, yaitu di Desa Peliatan, Kelurahan Ubud dan Desa Sayan sebagai pemenang lomba Vlog Aku Hatinya PKK. Desa-desa tersebut juga menerima pendistribusian tanaman dari TP PKK Gianyar.

Desa Sayan sebagai juara 1 menerima 35 paket tanaman, Desa Peliatan 20 paket tanaman dan Kelurahan Ubud menerima 15 Paket tanaman. Di mana setiap paketnya berisi 9 bibit tanaman seperti pepaya, buah naga, jambu kristal, nanas madu, terong, bunga gumitir, bunga pucuk, cabai dan kelor.

Perbekel Desa Peliatan I Made Dwi Sutaryantha mengatakan dengan menerapkan Program Aku Hatinya PKK, PKK Desa Peliatan memiliki kegiatan di tengah kondisi pandemik belakangan ini.

“Walau tidak membuat kaya, minimal ibu-ibu punya kegiatan dan hasilnya bisa dikonsumsi. Kalau lebih bisa dijual,” ujarnya.

Dipaparkannya bahwa setiap banjar di Desa Peliatan telah memiliki ikon tanaman. Seperti Teges kanginan dengan tanaman kumis kucing, yangloni dengan sreh dan bokasi, Banjar Kalah dengan jahe merahnya, tanaman tulsi merupakan ikon Banjar Tengah Kauh, Pegagang milik Banjar Teruna.
Sedangkan tanaman lidah buaya merupakan ikon Banjar Pande, Banjar Ambengan memiliki daun mint dan Banjar Tebesaya dengan samirotonya.

“Kami di Peliatan setiap banjarnya sudah punya ikon. Bahkan hasilnya sudah ada yang mau beli,” pungkas Dwi Sutaryantha. (kominfo/abg)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.