Jaring Atlet Berpotensi, 40 SMA/SMK di Manggarai Ikut Liga Pelajar

liga pelajar
Pembukaan Liga Pelajar di Ruteng. (ist)

RUTENG | patrolipost.com – Dalam rangka mengikuti Pra-PON dan PON tahun 2028 yang rencananya diselenggarakan di NTT, 40 SMA/SMK se-Kabupaten Manggarai ikuti Liga Sepakbola Pelajar.  Liga ini ditujukan untuk menjaring atlet berpotensi untuk ikut pra-PON maupun PON yang rencananya nanti akan diselenggarakan di NTT.

Liga Pelajar se-Kabupaten Manggarai secara resmi dibuka Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut SH bertempat di Lapangan Sepakbola Unika St Paulus Ruteng, Manggarqi, Selasa (17/05/2022).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Wabup Heri mengungkapkan, bahwa kehadirannya di acara pembukaan tersebut sebagai wujud apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya Liga Pelajar di Kabupaten Manggarai.

Dirinya meminta kepada para pelajar yang mengikuti pertandingan untuk menjunjung tinggi sportivitas. Para guru diminta untuk mengawasi timnya masing-masing.

“Sebelum bertanding pastikan stamina dan ausdower anda itu siap. Kiranya pertandingan ini sampai tuntas dan selesai, juga tidak menimbulkan konflik apapun,” katanya.

Sepakbola menurut Wabup Heri sebagai tempat rekreasi untuk menghibur para penonton.

“Kita membutuhkan rekreasi melalui pertandingan sepakbola, kalau banyak orang datang nonton di sini, itu artinya dia juga butuh rekreasi, senang melihat adik-adik bermain bola. Maka tunjukkan yang terbaik. Saya berharap, bapak-ibu guru dan adik-adik semua, boleh berkompetisi tetapi di sebelahnya kita memastikan untuk menghibur siapa pun,” tambahnya.

Arah dari pertandingan ini juga, jelas Wabup Heri, untuk melihat talenta siswa di bidang sepakbola menuju kompetisi yang lebih besar.

“Kalau Anda tampil hebat di lapangan sepakbola ini, itu menandakan psikomotorik Anda sedang diasah; di sebelahnya kalau sopan bermain, aspek afektif, olah rasa, dan budi pekerti Anda dipertaruhkan,” tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Liga Pelajar, Aleks Porat menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk menjaring bibit atlet yang berpotensi dalam rangka mengikuti Pra-PON dan PON tahun 2028 yang rencananya diselenggarakan di NTT. Dari pertandingan ini, akan dipilih 18 pemain putra dan putri yang akan berlaga di tingkat Provinsi.

Tournamen ini diikuti oleh 40 SMA/SMK se-Kabupaten Manggarai yang dibagi dalam 9 Pull (5 Pull SMA dan 4 Pull SMK).

Liga pelajar ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan, yang digelar di beberapa tempat yakni Lapangan Sepakbola Langke Majok, Wae Mbeleng, St Klaus -Kuwu, Bea Waja -Pagal, Karot -Ruteng, Santo Aloysius, dan Stadion Golo Dukal. (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.