Bangli Raih WTP Keenam Kali, Jadi Kado HUT ke-818

wtp bangli
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta (kiri) saat menerima Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021 oleh BPK RI Perwakilan Bali di Ruang Sidang DPR Provinsi Bali. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Pemerintah Kabupaten Bangli kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ini merupakan WTP yang keenam kalinya diterima secara berturut-turut dan menjadi kado HUT ke-818 Bangli.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menerima Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021 oleh BPK RI Perwakilan Bali di Ruang Sidang DPR Provinsi Bali, Selasa (17/5/2022). Bupati Sedana Arta didampingi Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika, Sekda Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra serta Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Bangli..

Bacaan Lainnya

Bupati Sedana Arta mengatakan perolehan opini WTP yang keenam ini merupakan kado istimewa HUT Kota Bangli yang jatuh 10 Mei 2022. Apa yang diraih tidak lepas dari  kerja keras dan kolaborasi yang baik antara Pemkab Bangli dan peran DPRD. “Perolehan predikat WTP dipersembahkan untuk seluruh masyarakat Bangli,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan terima kasih kepada BPK RI yang telah memberikan masukan dan saran kepada Pemkab Bangli untuk meningkatkan kinerja aparatur dalam pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan.

“Meski masih banyak kekurangan dalam penyajian atau yang lainnya, tapi kami bertekad untuk selalu berbenah diri. Kami jadikan WTP ini sebagai semangat untuk lebih baik lagi ke depannya,” ujar bupati dari PDI-P ini.

Diketahui, perolehan predikat opini WTP oleh BPK RI ini berdasarkan empat kriteria yaitu laporan keuangan disajikan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah, kecukupan penyajian, kepatuhan terhadap peraturan perundangan, dan sistem pengendalian internal yang memadai.

Sementara Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bali Wahyu Priyono mengapresiasi kerja keras Pemkab Bangli bersama DPRD Kabupaten Bangli, sehingga menghasilkan laporan keuangan yang akuntabel. Pihaknya berpesan agar Pemkab  Bangli  terus menyempurnakan perbaikan terhadap beberapa catatan yang ditemukan, untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Bali serta Kabupaten /kota se Bali yang telah menyerahkan LKPD tepat waktu, sehingga hasil pemeriksaannya dapat kami serahkan kembali dengan cepat,” sebutnya.

Di sisi lain, Inspektur Bangli, Jro Penyarikan Widata mengatakan dengan keluarnya hasil pemeriksaan ada beberapa hal yang menjadi penekanan. Pemkab Bangli dalam hal ini akan melakukan perbaikan-perbaikan melalui tindak lanjuti dari rekomendasi hasil Pemeriksaan LKPD Tahun Anggaran 2021.

“Untuk itu kami tingkatkan koordinasi dan melaksanakan rekomendasi hasil pemeriksaan,” ujarnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.