Wakil Walikota Arya Wibawa Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Ogoh-ogoh Pasikian Yowana Denpasar

hadiah ogoh ogoh
Wakil Walikota Denpasar Arya Wibawa saat menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba ogoh-ogoh di Gedung Taksu, Dharma Negara Alaya. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Sebagai bentuk apresiasi terhadap kreativitas para pemuda Kota Denpasar, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar menyerahnya hadiah kepada pemenang Lomba Ogoh-ogoh Pasikian Yowana Denpasar se-Kota Denpasar di Gedung Taksu, Dharma Negara Alaya, Senin (16/5/2022). Hadiah serta penghargaan tersebut diharapkan bisa memotivasi para pemuda sebagai penerus akan pelestarian budaya Bali khususnya Ogoh-ogoh.

Hadir dalam kegiatan penyerahan hadiah anggota DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya, Sekretaris Daerah Kota Denpasar IB Alit Wiradana, Anggota DPRD Provinsi Bali AAN Adhi Ardhana, anggota DPRD Provinsi Bali AA Gede Agung Suyoga, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar Raka Puwantara, Ketua Panitia Lomba Ogoh-ogoh AA Ariyuda, dan Ketua Pasikian Yowana Kota Denpasar AA Made Angga Harta Yana.

Bacaan Lainnya

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Walikota Arya Wibawa mengungkapkan ogoh-ogoh merupakan visualisasi yang dipergunakan sebagai simbol Bhuta Hita atau mengharmoniskan alam dan lingkungan.

Terlebih pada hakekatnya tawur dan pangrupukan serangkaian Hari Raya Nyepi  bertujuan untuk menetralisir kekuatan jahat agar menjadi suatu kekuatan yang baik dan berguna bagi kehidupan diri manusia di alam semesta. Dimana Lomba Ogoh-ogoh ini sudah mulai dilaksanakan pada bulan Maret lalu.

Penyerahan hadiah serta penghargaan kepada pemenang Lomba Ogoh-ogoh ini diharapkan mampu memacu semangat para pemuda sebagai penerus akan pelestarian budaya Bali dalam berkarya.

“Terutama Ogoh-ogoh bukan hanya dikenal dalam skala nasional tapi sudah terkenal hingga ke mancanegara. Sehingga hadiah ini merupakan bentuk apresiasi kami Pemerintah Kota Denpasar terhadap kreativitas positif yang membawa dampak baik pula khususnya bagi Kota Denpasar,” ujar Wawali Arya Wibawa.

Adapun pemenang lomba dikategorikan menjadi 3 nominasi terbaik di 4 kecamatan Kota Denpasar dan pemenang favorit terbanyak, serta pemenang taat Prokes. Di Kecamatan Denpasar Utara (Denut), juara 1 dimenangkan Sekaa Teruna Marga Yowana Banjar Marga Jati dengan Tema Arsu Guna Rasa, juara 2 diraih ST Chandra Metu Yowana Banjar Mekar Sari  dengan tema Atma Druaka, dan juara 3 didapatkan ST Eka Manggala Danendra Banjar Tengah dengan Tema Incih Sandikala.

Sementara di Kecamatan Denpasar Timur (D, juara 1 dimenangkan ST Eka Murti Yowana Banjar Kehen dengan tema Sakit Gede, juara 2 diraih ST Tunjung Mekar Banjar Tembawu Kaja dengan tema Waksirsa, dan juara 3 diperoleh Mangku ST Dharma Satwika Banjar Kebon Kori Mangku dengan tema Mahesa Sura.

Selanjutnya, di Kecamatan Denpasar Selatan (Densel) dengan juara 1 dimenangkan oleh ST Tunas Muda Banjar Dukuh Mertajati dengan tema Gerubug, juara 2 oleh ST Eka Laksana Banjar Gaduh dengan tema Kabanda Gering, juara 3 diraih  ST Sari Sanggraha Banjar Pesanggaran dengan tema Katadah Kala.

Sedangkan di Kecamatan Denpasar Barat (Denbar), juara 1 dimenangkan oleh  ST Eka Adnyana Banjar Alangkajeng Gede dengan tema Pandung Pangreh, juara 2 diraih ST Ruppti Banjar Titih dengan tema Sunda Upasunda, dan Juara 3 diraih ST Satria Yowana Banjar Alangkajeng Menak  dengan tema Ludra Murti.

Berikutnya, untuk pemenang favorit terbanyak diraih ST Eka Laksana Banjar Gaduh, serta pemenang taat Prokes diraih ST Sari Sanggraha Banjar Pesanggaran, dan Banjar Saba Penatih ST Setersna. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.