Lautan Buruh, Suarakan 18 Tuntutan

buruh 2222222
Massa aksi yang tergabung dalam kelompok buruh di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (14/5/2022). (ist)

JAKARTA | patrolipost.com – Massa aksi yang tergabung dalam kelompok buruh mengikuti kegitan May Day Fiesta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (14/5/2022).

Sebanyak 60 ribu buruh mengikuti kegiatan May Day Fiesta yang merupakan rangkaian peringatan May Day yang jatuh pada 1 Mei lalu. Dalam kegiatan May Day Fiesta ini para buruh menyuarakan 18 tuntutan antara lain permintaan agar pemerintah menurunkan harga bahan pokok, bahan bakar minyak dan gas, pengesahan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT), penolakan revisi UU Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, dan penolakan revisi UU Serikat Pekerja/Serikat Buruh.

Kapolri Apresiasi Buruh
Aksi ini turut dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang memberi semangat kepada buruh. Kapolri mengapresiasi kinerja buruh yang menjaga ekonomi Indonesia tetap stabil.

“Berkat kerja sama rekan-rekan semua di masa sulit saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia, semakin membaik,” kata Listyo dalam sambutannya kepada buruh di SUGBK.

Menurut Listyo data pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di atas 5 persen. Pencapaian ini lebih baik dibanding negara-negara maju lain yang masih terpuruk akibat pandemi.

“Ini semua adalah berkat partisipasi, kerja keras, keringat rekan-rekan buruh semua,” kata Listyo.

Kapolri juga menyampaikan Indonesia sedang beralih dari negara konsumen menjadi negara produsen.

“Indonesia saat ini sedang bergerak meninggalkan posisi dari negara konsumen menjadi negara produsen,” katanya menjelaskan.

Berbagai upaya seperti hilirisasi dan investasi terus dibuka demi menambah lapangan pekerjaan. Ia pun berharap kesejahteraan buruh akan meningkat melalui program ini.

Dalam pidato sambutannya Kapolri pun mengucapkan apresiasi tinggi kepada buruh. Menurutnya buruh telah berjuang bersama masyarakat untuk melawan pandemi demi kebaikan bersama.

“Kami mengucapkan apresiasi dan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh rekan-rekan buruh yang telah bersama-sama berjuang,” tutur Kapolri. (305/snc/dtc)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.