Jelang Rahina Tumpek Wariga, Kelurahan Pemecutan Gelar Giat Bersih dan Tanam Pohon Bambu di Bantaran Tukad Badung

kel pemecutan
Kelurahan Pemecutan melakukan giat kebersihan di  Jalan Bukit Barisan dan penanaman pohon bambu di Area Bantaran Tukad Badung. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Tumpek wariga merupakan hari suci yang berkaitan dengan lingkungan yang dirayakan setiap 6 bulan sekali, tepatnya 25 hari menjelang Hari Raya Galungan. Dalam rangkaian memperingati Rahina Tumpek Wariga yang jatuh pada Sabtu (14/5/2022) besok, Pemerintah Kelurahan Pemecutan menggelar giat kebersihan di seputaran Jalan Bukit Barisan dan penanaman pohon bambu di Area Bantaran Tukad Badung, Jumat (13/5/2022).

Kegiatan diikuti oleh seluruh pegawai Kelurahan, Kepala Lingkungan, Juru Pemantau Jentik (Jumantik), Tim Reaksi Cepat kebersihan, bapak angkat kebersihan dari Inspektorat Kota Denpasar serta komunitas Kerti Bali Sejahtera (KBS) dan masyarakat sekitar.

Bacaan Lainnya

Lurah Pemecutan, Ida Bagus Agung Upawana Manuaba mengatakan selain pembersihan, juga melakukan sejumlah kegiatan seperti pemungutan sampah plastik dan penanaman pohon di bantaran sungai. Terlebih hal ini dilakukan lantaran kondisi bantaran sungai yang kurang baik akibat tergerus arus sungai, sehingga pihaknya melakukan penanaman pohon bambu.

Dimana, berdasarkan hasil konsultasi dengan Komunitas Peduli Sungai (KPS) Denpasar beberapa hari lalu yang menyatakan bahwa akar bambu terbukti cukup kuat untuk menahan laju erosi arus sungai.

“Dengan ditanami pohon bambu ini harapannya bantaran sungai bisa terselamatkan dari erosi,” ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya berharap dengan penanaman pohon tersebut mampu menjadi solusi untuk menyelamatkan bantaran sungai dari erosi. Pihaknya juga mengajak warga untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan lestari.

“Mari bersama-sama menanam pohon penghijauan di sekitar rumah sebagai produsen udara yang bersih,” tandasnya. (030)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.