Puri Blahbatu Serahkan Penghargaan Ksatria Padma Nusantara kepada KSAL Yudo Margono

ksal
Pemberian penghargaan Ksatria Padma Nusantara dari Puri Blahbatuh kepada KSAL Yudo Margono. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mendapatkan penghargaan ‘Ksatria Padma Nusantara’ dari Puri Blahbatuh, Gianyar. Penghargaan diberikan di atas kapal perang KRI Surabaya-591 yang berlayar dari Bali menuju Selat Lombok, Kamis (12/5/2022).

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace yang ikut dalam pelayaran mengapresiasi kerja keras TNI AL dalam menjaga kedaulatan laut Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Pemberian penghargaan ini merupakan wujud apresiasi terhadap kerja keras jajaran TNI AL dalam menjaga wilayah laut Indonesia,” kata Cok Ace.

Dalam pelayaran itu, KRI Surabaya-591 dikawal tiga KRI dari Komando Armada II Surabaya yaitu KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Sultan Hasanuddin-366 dan KRI Frans Kaisiepo-368.

KSAL Yudo Margono mengungkapkan suasana hatinya hingga terpilih sebagai penerima penghargaan tersebut.  Ia mengaku bersyukur, haru, bangga dan terhormat mendapatkan gelar ‘Ksatria Padma Nusantara’ dari Puri Ageng Blahbatuh.

Menurutnya, penghargaan itu tidak hanya diberikan oleh kerajaan tertua dan terbesar di Bali, tapi oleh trah Kerajaan Majapahit. Yudo Margono menambahkan, Majapahit tercatat sebagai salah satu kerajaan maritim yang puncak kejayaannya sulit ditandingi oleh kerajaan lain di nusantara maupun di dunia.

“Kita tahu, Penglingsir Puri Ageng Blahbatuh ini adalah Anak Agung Ngurah Kakarsana dari trah Jelantik. Leluhur beliau adalah sosok panglima perang dari dinasti Shri Kesari Warmadewa,” kata Yudo Margono.

Dalam menerima penghargaan itu, Yudo Margono memilih menggelar acara di atas kapal perang saat tengah berlayar di tengah laut. Menurutnya, laut bukan pemisah tapi justru pemersatu pulau-pulau di Indonesia.

“Alangkah pasnya kalau kita laksanakan penyematan Penghargaan Ksatria Padma Nusantara di atas kapal perang,” ungkapnya.

Penganugerahan penghargaan ditandai dengan penyematan pin emas oleh Panglingsir Puri Ageng Blahbatuh Anak Agung Ngurah Kakarsana. Seremonial disaksikan Ida Pedanda Putra Kekeran, Panglingsir Puri Klungkung Ida Dalem Semarapura dan Wagub Cok Ace.

“Kami meyakini KSAL Yudo Margono punya kemampuan mumpuni dalam menyatukan pulau-pulau di Nusantara seperti Mahapatih Gajahmada,” kata Penglingsir Puri Ageng Blahbatuh, Anak Agung Ngurah Kakarsana. (pp03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.