TP PKK Denpasar Gelar Rakerda, Cegah Hepatitis Akut Jadi Program Prioritas

tp pkk
Rakerda PKK Kota Denpasar di Gedung Sewaka Dharma Lumintang. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Dalam menyelaraskan program dari Tim Penggerak (TP) PKK Pusat, TP PKK Kota Denpasar menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Gedung Sewaka Dharma Lumintang, Kamis (12/5/2022). Terdapat 3 program strategis yang diprioritaskan pemerintah dalam Rakerda yakni penanganan Covid-19, pencegahan stunting dan pencegahan Hepatitis Akut Anak.

Hadir Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara, Istri Wakil Walikota Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Kota Denpasar Ny Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Bacaan Lainnya

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) dengan 10 program pokok PKK merupakan gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah dan pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat. Kegiatan pemberdayaan keluarga adalah upaya bimbingan dan pembinaan terhadap anggota keluarga dalam meningkatkan kemampuan keluarga untuk hidup sehat sejahtera lahir dan batin.

Sehingga, gerakan PKK diharapkan dapat menumbuh kembangkan sikap dan perilaku kemandirian, pribadi, keluarga dan masyarakat agar selalu memiliki kesiapan dan landasan kuat dalam menghadapi berbagai perubahan seiring perkembangan zaman.

Lebih lanjut Ny Sagung Antari Jaya Negara menerangkan, untuk mengimplementasikan 10 program pokok PKK Kota Denpasar tersebut, TP PKK bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar terlebih lagi di masa pandemi Covid-19.

“TP PKK Denpasar sebagai bagian dari Satgas Terpadu Covid-19 telah melakukan beberapa kegiatan yang bersinergi dengan beberapa OPD terkait dalam upaya membantu dampak Covid-19 adalah melakukan edukasi ketahanan pangan keluarga di masa pandemi Covid-19 melalui gerakan Hatinya PKK, melaksanakan kegiatan menyapa dan berbagi dengan melaksanakan kegiatan pemberian PMT bagi ibu hamil, balita kurang gizi se-Kota Denpasar,” ujarnya.

Selanjutnya juga dilakukan kegiatan pembagian sembako bagi penyandang disabilitas, lansia kurang mampu se-Kota Denpasar dan pembagian sembako bagi kader PKK se-Kota Denpasar. Kemudian, melaksanakan pembagian alat Protokol Kesehatan  (Prokes) bagi balita, ibu hamil, lansia dan penyandang disabilitas se- Kota Denpasar.

Tidak hanya itu, TP PKK juga melaksanakan kegiatan yang di rangkaian hari-hari besar diantaranya serangkaian Hut Kota Denpasar, Puncak HKG PKK ke-50. TP PKK juga melaksanakan sosialisasi dan pelatihan bagi kader PKK dan kegiatan sosial lainnya.

Peserta dalam kegiatan Rakerda ini yakni Pengurus TP PKK Kota Denpasar sebanyak 34 orang, Ketua TP PKK kecamatan beserta sekretaris se-Kota Denpasar sebanyak 8 orang dan Ketua TP PKK desa/kelurahan serta sekretaris se-Kota Denpasar serta kaur/kasi kesra sebanyak 129 orang.

Sementara Walikota Denpasar IGN Jaya Negara mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Kota Denpasar karena telah membantu Pemkot Denpasar dengan melaksanakan berbagai program mulai tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan tingkat kota maupun provinsi.

Lebih lanjut Jaya Negara menekankan, ada 3 program strategis yang diprioritaskan pemerintah. Yakni, pertama penanganan Covid-19. Kedua, pencegahan stunting untuk di Kota Denpasar angka Stunting di bawah nasional.

“Untuk itu saya harapkan dalam Rakerda ini bisa dibahas bagaimana meningkatkan pemberian gizi bagi ibu hamil di setiap Posyandu Paripurna, agar bisa menekan angka stunting,” harap Jaya Negara.

Sedangkan untuk ketiga yang menjadi prioritas adalah Hepatitis Akut Anak. Dimana pihaknya meminta agar seluruh komponen bekerjasama untuk melakukan pencehahan. Bahkan, masyarakat diimbau memberikan informasi jika ada yang terjangkit atau memiliki gejala terkai hepatitis akut dapat langsung ke kepala desa, lurah, camat maupun ke Puskesmas terdekat.

“Sehingga tim kesehatan bisa melakukan langkah-langkah antisipasi dini terhadap hepatitis akut ini,” imbuhnya.

Selain itu, Jaya Negara mengharapkan agar melalui Raderda ini muncul ide-ide reatif dan inovatif terhadap mengembangkan program-program PKK dan tentunya berguna bagi pemecahan masalah di masyarakat. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.