Saluran Air Subak Desa Subuk Buleleng Jebol, Banjir Genangi Rumah Warga

subak jebol
Luberan air menggenangi rumah warga di Desa Subuk Kecamatan Busungbiu setelah saluran subak setempat jebol akibat hujan deras. (ist)

SINGARAJA | patrolipost.com – Hujan deras yang menguyur kawasan Buleleng Senin (09/5/2022) menyebabkan saluran air subak di Desa Subuk Kecamatan Busungbiu Buleleng jebol. Akibatnya, air cukup deras mengalir dan merendam halaman rumah warga.

Kendati demikian musibah tersebut tidak mengakibatkan kerugian material. Derasnya aliran air dari saluran jebol menggenangi halaman rumah milik Ketut Narki (80). Beberapa rumah lainnya juga mengalami kondisi yang sama.

Bacaan Lainnya

Kapolsek Busungbiu AKP I Nyoman Adika mengatakan, selain merendam rumah warga, hujan yang menyebabkan meningkatnya intensitas air juga menyebabkan longsoran tanah kebun yang meluber sampai ke Jalan Raya Busungbiu Pupuan.

“Lancar dan tidak menghalangi jalan sehingga bisa dilalui kendaraan bermotor, namun harus tetap hati-hati sehingga personel kita tetap siagakan,” kata Kapolsek.

AKP Adika menambahkan, upaya pemantauan berkaitan dengan kondisi cuaca masih dilakukan dan Polsek Busungbiu juga telah melakukan penanganan awal berkaitan dengan jebolnya saluran air subak di Subuk.

“Untuk penanganan awal dari pihak Pemerintah Desa dan Bhabinkamtibmas memberikan bantuan berupa tenaga untuk membersihkan lingkungan rumah,” ujar Adika.

Hujan deras di Buleleng juga menyebabkan meluapnya air di lintasan Jalan Singaraja Denpasar, tepatnya di wilayah Desa Pancasari Kecamatan Sukasada. Saluran air tak mampu menampung luberan air dan menyebabkan air deras mengalir ke jalan raya hingga menganggu arus lalu lintas.

Kapolsek Sukasada Kompol Made Agus Dwi Wirawan membenarkan meluapnya air ke jalan raya utama akibat got tersumbat. “Penanganan awal sudah dilakukan masyarakat bersama anggota untuk membersihkan sumbatan got,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Hingga petang hari, kondisi di dua wilayah telah dilakukan penanganan awal, baik di Desa Subuk Busungbiu dan Desa Pancasari Sukasada arus lalu lintas telah kembali. (625)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.