HUT ke-818 Bangli, Parade Semaphore Pramuka Libatkan 1.000 Siswa SMP

semaphore
Suasana gladi Parade Semaphore Pramuka yang diikuti seribu siswa di  di Alun-alun Bangli, Senin (9/5/2022). (sam)

BANGLI | patrolipost.com – Berbeda dengan perayaan HUT Bangli sebelumnya, perayaan hari jadi ke-818 Kota Bangli  tahun ini ditampilkan Parade Semaphore Pramuka dengan melibatkan 1.000 orang siswa tingkat SMP.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli, Komang Pariarta mengatakan untuk menyemarakan HUT Bangli  yang jatuh pada tanggal 10 Mei digelar Parade Semaphore Pramuka. Parade ini melibatkan siswa-siswa SMP se-Kecamatan Bangli. “Parade semaphore libatkan seribu siswa SMP se kecamatan Bangli,” ujarnya, Senin (9/5/2022).

Bacaan Lainnya

Menurut Kadis asal desa Tamanbali, Bangli ini, semaphore  merupakan media komunikasi dengan bahasa kode atau simbol. Para siswa akan membuat gerakan yang memuat Dirgahayu Bangli. “Selain memeriahkan HUT Bangli, parade semaphore ini juga untuk membangkitkan kembali aura dari  Pramuka,” jelasnya.

Lanjutnya, dengan melandainya kasus Covid-19 kegiatan ini bisa melibatkan siswa dalam jumlah cukup banyak. Ada 5 SMP se-Kecamatan Bangli yang terlibat. Perwakilan per sekolah sebanyak 200 orang siswa.

“Untuk di SMPN 5 Bangli peserta kurang sehingga ditambah oleh siswa dari SMPN 1 Bangli. Sehingga total ada 1.000 siswa,” terangnya.

Kata Komang Pariarta, untuk persiapan dilakukan di masing-masing sekolah.  Kemudian seluruh siswa baru dipertemukan saat gladi. “Gladi kami lakukan dua kali. Sebelumnya siswa sudah dilatih di sekolah. Sehingga saat gladi tinggal memantapkan gerakan dan kekompakan,” sebutnya.

Lebih lanjut, Parade Semaphore Pramuka ini akan ditampilkan usai Apel Peringatan HUT. Begitu pasukan atau peserta apel dibubarkan, maka siswa akan langsung masuk ke alun-alun dengan diiringi Mars Pancasila. Tidak hanya itu, setelah parade semaphore akan dinyanyikan lagu kebyar-kebyar cipataan Gombloh.

Sementara  pra resepsi HUT Bangli akan ditampilkan pula senam Amora, Senam Profil Pancasila dan senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali. “Kami tidak saja melibatkan siswa di Kecamatan Bangli. Tapi kecamatan lainnya juga ikut berpartisipasi. Untuk senam melibatkan guru dari sekolah di tiga kecamatan,” sambungnya.

Senam Amora akan dibawakan dari Kecamatan Susut, senam Profil Pancasila dari Kecamatan Kintamani dan senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali dari Kecamatan Tembuku. Masing-masing kecamatan melibatkan 100 orang. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.