TP PKK dan Kaling Kayumas Kelod Bentuk Bank Sampah Kayumas Bersemi Tampung 200-300 Kg Sampah

bank sampah1
Kegiatan Bank Sampah Kayumas Bersemi di Banjar Kayumas Kelod. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Tim Penggerak (TP) PKK Banjar Kayumas Kelod dan Kepala Lingkungan membentuk Bank Sampah Kayumas Bersemi. Bank sampah yang sudah berjalan selama 3 bulan ini, memiliki kapasitas tampung sebanyak 200-300 kg sampah setiap kali kegiatannya.

Bank Sampah Kayumas Bersemi dibentuk untuk mengatasi permasalahan sampah di Kota Denpasar khususnya wilayah Banjar Kayumas Kelod.

“Kegiatan bank sampah Kayumas Bersemi ini dilaksanakan setiap hari Sabtu minggu kedua setiap bulan,” ujar Lurah Dangin Puri I Gusti Agung Gede Okariawan, Sabtu (7/5/2022).

Lebih lanjut, Okariawan mengatakan keberadaan Bank Sampah Kayumas Bersemi ini sangat efektif dalam mengatasi sampah terutama sampah yang bisa di daur ulang.

“Kita sudah ada program untuk sampah organik,  pembuatan  ecoenzim dari sisa sampah buah-buahan atau sayuran, pembuatan kompos, dan di bank sampah juga ada untuk pengelolaan sampah  anorganiknya,” jelasnya Okariawan.

Menurutnya, masyarakat juga sangat antusias karena semua sampah di rumahnya  bisa menghasilkan tambahan uang dengan menabung di bank sampah. Selain itu, masyarakat juga diedukasi untuk melakukan pemilahan sampah antara sampah organik dan anorganik,” katanya.

Sementara itu, cara menabung di Bank Sampah Kayumas Bersemi ini sangat mudah yakni masyarakat hanya perlu membawa sampah yang telah dipilah dan di tukar ke bank sampah. Sedangkan hasilnya menjadi  tabungan bank sampah sesuai jenis sampah yang dibawa ke bank sampah.

Selain itu, pihaknya mengungkapkan untuk  Kelurahan Dangin Puri terdapat 3 bank sampah yakni pertama di Banjar Kaliungu Klod bernama Tirta Lestari. Selanjutnya Bank Sampah Pelita yang berada di Kelurahan Kelurahan Dangin Puri dan terakhir yaitu Bank Sampah Kayumas Bersemi di Banjar Kayumas Kelod.

“Dengan adanya bank sampah ini kami berharap sampah yang dibuang ke TPS atau TPA jauh lebih sedikit dan warga juga memperoleh manfaat. Selain itu juga dapat meningkatkan kesadaran warga untuk peduli kepada lingkungan,” tandasnya. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.