Pariwisata Nusa Penida Bangkit, Bupati Suwirta Upayakan Solusi untuk Kelancaran dan Kenyamanan Wisatawan

bupati suwirta111111
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meninjau obyek destinasi wisata di Nusa Penida. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Mencermati peningkatan kunjungan wisatawan ke Nusa Penida masa liburan lebaran 2022, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait mengadakan peninjauan ke beberapa destinasi dan fasilitas penyeberangan di Nusa Penida, dari tanggal 3 sampai 4 Mei. Kunjungan lapangan ini sebagai bentuk evaluasi pada aspek fasilitas penyeberangan, kelancaran arus lalu lintas, ketersediaan fasilitas parkir, kesiapan destinasi, sistem pemungutan retribusi, termasuk kesiapan masyarakat pada aspek hospitality.

Seperti telah diketahui bahwa Nusa Penida sudah berbenah untuk kenyamanan penyeberangan. Pelabuhan Sampalan sebagai pintu masuk Nusa Penida sudah selesai dibangun dan akan segera diresmikan. Sementara Pelabuhan Banjar Nyuh (UPP Nusa Penida) juga sedang direvitalisasi. Kemudian untuk ke Pulau Lembongan juga akan segera selesai dibangun Pelabuhan Bias Munjul. Dengan demikian prasarana penyeberangan ke Nusa Penida dan Lembongan akan menjadi lengkap dan modern.

Upaya penyediaan fasilitas, prasarana saja tidak cukup, maka diperlukan transformasi sikap masyarakat yang menperhatikan aspek hospitality. Hal ini juga tampak ketika Bupati Suwirta menyapa dan membina para pelaku trasportasi untuk berpenampilan lebih rapi, menjaga bersihan, bersikap ramah dan sopan. Suguhan para edagang di sekitar area pelabuhan juga perlu segera ditata agar tidak menggangu kenyamanan.

Mengenai penyediaan lahan parkir sebagai solusi mengurai kemacetan di sepanjang jalan dekat pintu masuk pelabuhan, Bupati Suwirta telah mengambil langkah cepat. Untuk area sekitar Pelabuhan Sampalan akan segera dikerjakan penataan lahan untuk parkir, yaitu lokasi bekas Kantor Polisi Sektor (Polsek) Nusa Penida, mes tenaga kesehatan dan bekas gedung TK.

Untuk mengurai kemacetan dekat Pelabuhan Banjar Nyuh, sudah disepakati kerjasama menggunakan lahan warga sekitar 2,5 Ha. Pembersihan lahan sudah dikerjakan semoga segera bisa terwujud. Bupati Suwirta berharap para pelaku trasnportasi agar dapat menggunakan lahan parkir dengan baik dan tertib untuk mewujudkan citra positif pariwisata Nusa Penida. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.