Pilkel Serentak Karangasem, 14 Petahana Keok

Proses penghitungan suara Pilkel di Desa Duda Utara, Kecamatan Selat.

AMLAPURA | patrolipost.com – Pilkel serentak di Kabupaten Karangasem secara umum berlangsung dengan tertib, aman dan lancar. Dari 21 desa di seluruh kecamatan di Karangasem yang melaksanakan Pilkel, hasilnya cukup mengejutkan dimana 14 petahana keok oleh calon perbekel pendatang baru.

Dari pantauan lapangan, Minggu (24/11), kendati persaingan antar sesama calon Perbekel cukup ketat namun proses pencoblosan dan penghitungan suara berlangsung dengan aman, tanpa ada kericuhan. Di Desa Seraya Barat, Kecamatan Karangasem, Pilkel masih dimenangkan oleh petahana yakni I Wayan Patra Suarsa 1.606 suara, mengalahkan dua pesaingnya masing-masing I Wayan Rateng dengan 641 suara dan Nengah Landra dengan 978 suara.

Bacaan Lainnya

Di Kecamatan Bebandem, dua petahana keok oleh calon peberbekel (Cakel) pendatang baru, di Desa Buana Giri, I Wayan Mudu, Cakel petahana hanya memperoleh 1.008 suara, Mudu harus mengakui kemenangan Nengah Diarsa yang memperoleh suara terbanyak dengan 2.793 suara. Di Desa Budhakeling, Cakel Petahana Made Sudarsana juga keok dan hanya memperoleh 443 suara, dikalahkan oleh rivalnya Ida Nyoman Adi Permana, dengan raihan 726 suara.

Di Desa Bebandem, Cakel petahana I Gede Partadana, masih mampu mempertahankan jabatannya sebagai Perbekel setelah berhasil menang dengan 3.624 suara mengalahkan pesaingnya I Ketut Sujana yang memperoleh 2.193 suara. Di Desa Bungaya, Cakel I Made Putra Darmayasa berhasil meraup 1.876 suara, mengalahkan Cakel petahana I Komang Suarda yang hanya memperoleh 529 suara dan dua pesaingnya yang lain.

Dari hasil Pilkel serentak keseluruhan, hanya 7 Cakel petahana yang berhasil terpilih lagi sebagai Perbekel, sementara lainnya keok oleh pesaing mereka. Artinya sebanyak 14 Cakel pendatang baru berhasil memenangkan Pilkel serentak tahun ini. Termasuk I Gede Tamu Sugiantara yang berhasil meraup sebanyak 3.339 suara. Tokoh masyarakat Desa Ban yang dulunya pernah menjadi anggota dewan DPRD Karangasem ini berhasil mengalahkan Cakel petahana, I Wayan Potag yang hanya memperoleh 1.027 suara.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) I Nengah Mindra menyebutkan, secara umum Pilkel serentak yang berlangsung kemarin berjalan dengan tertib, aman dan lancar. “Pilkel berjalan tertib, aman dan lancar, dengan pengamanan petugas. Tidak ada kendala hingga proses penghitungan suara selesai dilaksanakan di masing-masing TPS,” ungkapnya. (004)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.