BPBD Bangli Gelar Simulasi Siaga Bencana

simulasi
Pelaksanaan simulasi kesiapsiagaan bencana gempa bumi di kantor BPBD dan Damkar Bangli, Selasa (26/4/2022). (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD dan Damkar) Bangli menggelar simulasi uji SOP gempa bumi dan tsunami di halaman kantor BPBD Bangli.Selasa (26/4/2022). Kegiatan simulasi juga berlangsung di instansi lainya termasuk sekolah-sekolah.

Kepala BPBD Bangli, I Wayan Wardana mengatakan serangkaian Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2022 pihaknya menggelar apel bersama personel gabungan Polres Bangli, Kodim 1626 Bangli serta PMI Bangli. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi gempa bumi.

Bacaan Lainnya

Menurut Wayan Wardana, kegiatan simulasi ini penting dilaksanakan. Yang mana tujuan untuk melatih kesiapsiagaan petugas. “Kegiatan ini dilakukan di berbagai lini baik perkantoran, rumah sakit, sekolah atau masyarakat di desa. Selain itu untuk menanamkan pemahanan mitigasi bencana,” ujarnya.

Kata mantan Camat Bangli ini, BPBD secara berkelanjutan melakukan sosialisasi kesipsiagaan bencana, salah satu sasaran sekolah dasar.

Wayan Wardana yang didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD dan Damkar Bangli, Wayan Yudha Atmadi menyebutkan untuk sosialisasi dilaksanakan setiap bulan. Sejauh ini sudah ada tiga sekolah yang menjadi lokasi kegiatan sosialisasi.

“Tahun ini target sosialisasi menyasar 12 sekolah,” ungkapnya.

Menurutnya kesiapsiagaan bencana wajib ditanamankan bagi anak-anak. “Ketika terjadi bancana, anak-anak tidak panik dan bisa lakukan penyelamatan diri,” sebutnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.