Peringati Hari Kartini, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Gelar Aksi Sosial Berbakti dan Berbagi

pkk 111111
Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra menggelar aksi sosial berbakti dan berbagi di Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Senin (25/4/2022). (kominfo/set)

GIANYAR | patrolipost.com – Memperingati Hari Kartini pada 21 April 2022, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra menggelar aksi sosial berbakti dan berbagi di Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Senin (25/4/2022).

Aksi sosial berupa penyerahan bantuan beras bagi kader PKK dari sembilan desa se-Kecamatan Blahbatuh serta bantuan paket sembako kepada kader Posyandu dari Desa Blahbatuh dan Desa Saba.

Pada kegiatan aksi sosial itu juga diserahkan kartu keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan kepada pengurus BPD Desa Buruan, Kader Posyandu Desa Keliki, Kader Posyandu Desa Buahan dan Kader Posyandu Desa Pupuan, serta penyerahan santunan kematian dan beasiswa pendidikan bagi keluarga almarhum I Wayan Muliawan (perangkat Desa Pering).

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra mengatakan, terdapat tiga program penting TP PKK yang tak dapat dipisahkan, yakni aksi sosial, sosialisasi serta melakukan pemberdayaan.

“Kalau kita terjemahkan ketiga program tersebut, banyak sekali sebetulnya. Ini salah satu yang kita lakukan saat ini, aksi sosial dengan memberikan bantuan beras,” kata Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra.

Ditambahkan, 1 ton beras telah diberikan TP PKK Provinsi Bali untuk didistribusikan kepada kader PKK di Kabupaten Gianyar. Untuk di Gianyar sendiri, bantuan beras tersebut didistribusikan kepada 50 kader PKK Kecamatan Payangan dan 50 Kader PKK Kecamatan Blahbatuh masing-masing 10 Kg.

Ida Ayu Surya Mahayastra menambahkan, bantuan berupa beras diberikan karena di PKK sudah ada program “AKU HATINYA PKK” (Amalkan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman). Sehingga di masing-masing rumah tangga sudah memiliki tanaman yang bermanfaat untuk dikonsumsi. Seperti sayur mayur, bumbu maupun toga serta bunga untuk kegiatan upacara.

“Dengan begitu kita dapat mengurangi pengeluaran ekonomi keluarga. Itu sebetulnya tujuan program AKU HATINYA PKK. Keliatannya simple, tetapi setelah diterapkan ternyata memiliki manfaat yang luar biasa,” imbuh Surya Adnyani Mahayastra.

Pada kesempatan tersebut, Ny Ida Ayu Surya Adnyani juga berharap, desa-desa yang lain agar mengikuti jejak tiga desa yang sudah mengikutsertakan kader Posyandu pada BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga kedepannya semua kader Posyandu di Kabupaten Gianyar dapat terlindungi ketika melaksanakan tugas-tugasnya. Karena Kader Posyandu mempunyai peranan penting dalam pelayanan dasar di masyarakat.

“Mudah-mudahan yang lain nanti bisa mengikuti. Asal anggarannya cukup, karena situasi saat ini. Kita serahkan semua pada pihak desa. Apapun itu, kita tetap akan mendukung,” ujarnya. (kominfo/set)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.