Jaring Atlet Paralayang, Dewan Harapkan FASI Bangli Gencarkan Sosialisasi hingga Sekolah

fasi bangli
Pengukuhan pengurus FASI Bangli. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Sebagai cabang olahraga (Cabor) baru, paralayang masih asing bagi sebagian masyarakat. Maka untuk mengenalkan dan menjaring atlet pontensial  Federasi Aero Sport Indonesia (FASI)  hadir di Kabupaten Bangli.

Hal ini ditandai dengan pengukuhan kepengurusan FASI Kabupaten Bangli masa bakti 2022-2026 oleh Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) I Gusti Ngurah Rai selaku Ketua FASI Provinsi Bali, Kolonel Pnb Reza RR Sastranegara SSos MAP, Sabtu (23/4/2022).

Di sisi lain  Wakil Ketua DPRD Bangli, I Komang Carles yang juga Dewan Penasihat FASI Bangli berharap pengurus FASI segera menggencarkan sosialisasi ke masyarakat dan sekolah-sekolah untuk menjaring atlet paralayang di Kabupaten Bangli.

Pengukuhan dihadiri Wakil Bupati Bangli Wayan Diar, KONI Bangli dan berbagai instansi terkait lainnya. Dalam pengukuhan yang berlangsung di areal kaldera gunung batur dimeriahkan dengan test event pra eksebisi Porprov Bali 2022 ketepatan mendarat paralayang yang diikuti oleh puluhan peserta dari enam kabupaten/kota di Bali.

Pada kesempatan itu, Ketua FASI Propinsi Bali Kolonel Pnb Reza RR Sastranegara menyatakan dengan pengukuhan pengurus FASI Kabupaten Bangli diharapkan olahraga dirgantara di Bali bisa semakin berkembang dan tetap eksis ke depannya. Untuk itu, pengurus FASI Kabupaten Bangli yang baru terbentuk disarankan agar tetap melakukan koordinasi dengan FASI Provinsi dalam berbagai kegiatan, salah satunya dalam menjaring dan melakukan pembinaan kepada atlet-atlet paralayang.

Sementara Dewan Penasihat FASI Kabupaten Bangli, I Komang Carles menyatakan sangat menyambut baik terbentuknya kepengurusan olahraga dirgantara ini di Kabupaten Bangli.

“Untuk di Kabupaten Bangli, keberadaan FASI kan baru terbentuk. Tadi juga diadakan event pra eksebisi Porprov Bali 2022 kejuaraan ketepatan mendarat paralayang dengan jumlah peserta 25 orang dari 6 kabupaten/kota se-Bali. Hal ini bertujuan juga untuk mengenalkan keberadaan FASI di Kabupaten Bangli dan mudah-mudahan ke depan bisa bekembang dan bisa melahirkan atlet-atlet paralayang yang bisa mengharumkan nama daerah,” jelas Komang Carles

Politisi dari Partai Demokrat ini tidak menampik olahraga paralayang memang belum banyak dikenal oleh masyarakat di Kabupaten Bangli. Padahal, olahraga paralayang ini sejatinya sudah dilombakan di berbagai tingkatan baik di ajang Porprov, kejuaraan nasional maupun internasional. Hanya saja, untuk di Kabupaten Bangli dinilai belum tersosialisasi secara baik.

“Dengan adanya pengukuhan ini, mudah-mudahan ke depan masyarakat yang berminat, bisa diakomodir oleh FASI Bangli,” ungkap Carles.

Tindak lanjut dari itu, pihaknya sebagai wakil rakyat juga mengaku akan turut mendampingi Pengurus FASI Bangli untuk lebih gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat dan sekolah-sekolah.

“Ke depan kita juga akan mempersiapkan penggalangan atlet paralayang. Kita akan sosialisasi ke sekolah-sekolah SMP dan SMA,” katanya.

Lajut Komang Carles, bagi para siswa yang umurnya di atas 12 tahun dan berminat sebagai atlet paralayang bisa mendaftar ke FASI Bangli. “Pastinya akan kita tampung dan diberikan pelatihan-pelatihan dibantu oleh FASI Provinsi Bali dibawah TNI Angkatan Udara,” ujar Komang Carles. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.