Peringati Purnama Jiyestha, Walikota Jaya Negara Hadiri Pemelaspasan Pura Mpu Aji Dukuh Sakti

pelaspas
Walikota Denpasar, Jaya Negara bersama Wakil Walikota Arya Wibawa dalam pemelaspasan di Pura Mpu Aji Dukuh Sakti Kesiman dan pujawali di Pura Swagina Taman Sari Desa Dangin Puri Kangin. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Memperingati Purnama Jiyestha, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri pelaksanaan pemelaspasan di Pura Mpu Aji Dukuh Sakti Kesiman. Tidak hanya itu, kedua pucuk pimpinan Kota Denpasar ini juga menghadiri pujawali di Pura Swagina Taman Sari Desa Dangin Puri Kangin, Sabtu (16/4/2022).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede dan tokoh masyarakat desa setempat.

Bacaan Lainnya

Walikota Denpasar Jaya Negara mengatakan, pelaksanaan pujawali bertujuan  untuk mengucapkan rasa syukur atas anugrah Ida Sang Hyang  Widi Wasa serta menjaga hubungan yang harmonis antara parahyangan, pawongan, dan palemahan sehingga tercipta kesimbangan Bhuana Alit dan Bhuana Agung, terlebih dalam situasi pandemi saat ini.

“Di tengah pandemi Covid-19 saat ini masyarakat yang terlibat dalam upacara keagamaan ini juga harus mematuhi Protokol Kesehatan yang ketat, seperti mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, memakai masker, serta tetap menjaga jarak,” ujar Jaya Negara.

Usai menghadiri upacara pemelaspasan di Pura Dukuh Sakti Kesiman, Walikota Jaya Negara, Wakil Walikota Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD I Gusti Ngurah Gede serta Ketua TP PKK Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara juga menghadiri pelaksanaan pujawali Pura Swagina Taman Sari.

Lebih lanjut dikatakannya, spirit  Vasudhaiva Khutumbakam sebagai konsep menyama braya dapat terus diperkuat dalam pelaksanana agama, adat dan budaya serta dalam ketahanan  sosial dan ekonomi di tengah situasi saat ini. Pada prinsipnya menitikberatkan pada segala sesuatu dapat dikerjakan dengan paras paros sarpanaya, segilik seguluk selunglung sebayantaka dengan mengambil semangat menyama braya.

“Karena di sana ada kebersamaan, keharmonisan toleransi, dan saling menghargai dengan semangat ini kita akan melahirkan semangat gotong-royong sehingga kita bisa berbagi di masa pandemi,” ujarnya

Sementara Perbekel Desa Dangin Puri Kangin, I Wayan Sulatra menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota, Wakil Walikota Denpasar serta Ketua DPRD yang telah hadir dan turut serta dalam prosesi pujawali yang jatuh setiap Purnama Jiyestha.

Pihaknya menuturkan Pura Swagina Taman Sari  dahulu merupakan pura subak. Dari perjalanan waktu dan peralihan pemukiman penduduk dan masyarakat tetap melestarikan, merawat dan menjaga kesucian Pura Taman Sari hingga saat ini.

“Dalam pelaksanaan pujawali ini berharap sesuai dengan spirit menyama braya dapat terus meningkatkan srada bakti, kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa apalagi dalam situasi pandemi saat ini,” tandasnya. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.