Pemprov Bali Siap Sajikan 7 Event Budaya di Kharisma Event Nusantara kepada Wisatawan

even budaya
Ilustrasi Even Budaya di Pulau Dewata. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Pariwisata Bali kembali menggeliat seiring pelonggaran yang diberikan pemerintah. Yakni Visa on Arrival, tanpa karantina, dan bebas Swab PCR bagi yang sudah vaksin tiga kali atau  booster.

Sejumlah wisatawan mancanegara (turis) juga telah tampak berlibur di Pulau Seribu Pura ini. Menikmati keindahan alam, keramahan masyarakatnya, dan ragam budaya yang disajikan.

Bacaan Lainnya

Melengkapi konsep pariwisata budaya yang diusung pulau dengan julukan The Last Paradise in The World ini, Pemerintah Provinsi Bali menyiapkan event – event budaya unggulan di Bali, untuk dimasukan ke dalam daftar event Budaya Nasional yang dikenal dengan Kharisma Event Nusantara.

Ada 7 event budaya yang lolos masuk ke daftar Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2022 yaitu, Bali Spirit Festival, Pesta Kesenian Bali, Ubud Village Jazz Festival, Sanur Village Festival, Pemuteran Bay Festival, Denpasar Festival, dan Penglipuran Village Festival.

Adapun penyelenggaraan event Bali Spirit Festival 29 Mei – 10 Juni 2022, di Ubud. Pesta Kesenian Bali 12 Juni – 10 Juli 2022, di Denpasar. Ubud Village Jazz Festival 12 -13 Agustus 2022, di Ubud. Sanur Village Festival 19 -21 Agustus 2022, di Sanur. Pemuteran Bay Festival 11 – 13 November 2022, di Buleleng. Denpasar Festival  akhir November -24 Desember 2022 di Denpasar. Penglipuran Village Festival 7 – 10 Desember 2022, di Bangli.

Melalui Kharisma Event Nusantara (KEN) event-event ini akan dipromosikan ke seluruh dunia bersama dengan event dari daerah- daerah lain di Indonesia.

Jadi, bagi wisatawan yang datang ke Bali, selain menikmati alam dan budaya Bali, mereka juga bisa menikmati festival sesuai dengan jadwal yang ada, sehingga akan ada variasi atraksi budaya ketika mereka berada di Bali.

Terselenggaranya tujuh festival ini, diharapkan bisa menunjukkan kepada dunia bahwa pariwisata Bali telah bangkit dan siap untuk dikunjungi. Keamanan dan kenyamanan pun tak perlu dipertanyakan lagi. Karena, seluruh masyarakat Bali sangat sadar betul untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan khususnya pascapandemi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun menyampaikan, tujuh festival ini menjadi pilihan bagi para calon wisatawan yang akan berlibur ke Bali.

“Jadi mereka bisa merencanakan dan memilih, bulan apa kira kira akan datang berlibur ke Bali dan festival apa yang akan dapat dinikmati. Karena hampir setiap bulan ada saja festival yang bakal disajikan,” ungkapnya belum lama ini.

Tjok Bagus juga menyampaikan total kunjungan wisatawan asing yang telah datang berlibur ke Bali, sampai 5 April 2022 sebanyak 14.430 orang, dan sudah memanfaatkan pelayanan VoA. Meningkatkannya kunjungan wisatawan itu, kata Tjok Bagus tidak terlepas dari herd immunity yang telah terbentuk. Capaian vaksinasi yang melebihi target 30 persen dari jumlah penduduk Bali sebanyak kurang lebih 4 juta jiwa.

Dari data Satgas Covid-19, per 14 April 2022, vaksinasi booster di Provinsi Bali mencapai 57,49 %. Semua daerah telah mencapai di atas 40 %. Tertinggi di Denpasar mencapai 76,32 %.

“Masyarakat Bali sangat disiplin mengikuti Protokol Kesehatan,” ucapnya. (pp03)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.