Bangkitkan Kreativitas Masyarakat, Desa Dangin Puri Kangin Gelar Lomba Penjor  dan Ngelawar Upakara

lomba penjor
Lomba membuat penjor dan lomba membuat olahan lawar di Wantilan Pura Swagina Taman Sari Denpasar. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Serangkaian Pujawali di Pura Taman serta membangun kreativitas masyarakat berlandaskan pelestarian kebudayaan, Desa Dangin Puri Kangin menggelar lomba  membuat penjor dan lomba membuat olahan lawar, Jumat (15/4/2022). Lomba membuat Penjor yang diikuti perwakilan Sekeha Teruna – Teruni se-Desa Dangin Puri Kangin dan lomba membuat lawar diikuti perwakilan dari 7 banjar se-Desa Dangin Puri Kangin dilaksanakan di Wantilan Pura Swagina Taman Sari Denpasar.

Perbekel Desa Dangin Puri Kangin, I Wayan Sulatra menjelaskan lomba ini sebagai aplikasi dari program desa membangun kreativitas masyarakat berlandaskan pelestarian kebudayaan.

Bacaan Lainnya

“Kami rangkaikan juga dengan menyambut digelarnya Upacara Pujawali  di Pura Swagina Taman Sari pada Purnama Jiyestha, 16 April 2022, besok. Lomba digelar pemerintah desa bersinergi dengan pangempon (pengurus) Pura Swagina Taman Sari,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam lomba Penjor ini peserta dibebaskan untuk berkreasi namun tetap dengan persyaratan bahwa penjor yang dibuat masih berkaitan dengan jenis penjor “upakara” yakni jenis penjor pala gantung dan pala bungkah.

Sedangkan untuk lomba meracik lawar, dibagi menjadi 2 kriteria yaitu pembuatan lawar putih berbahan dasar daging ayam dan lawar barak atau merah berbahan dasar daging babi.

“Harapan kami dengan kegiatan ini dapat menjadi gerakan untuk memotivasi masyarakat khususnya generasi muda, agar memiliki minat untuk melestarikan adat dan  budaya juga sebagai media bagi masyarakat untuk menjalin kekompakan dan kebersamaan antar warga,” imbuhnya.

Selain itu, hal ini juga untuk mencapai rasa saling memahami, saling menghormati serta rasa persatuan sesuai dengan spririt Vasudaiva Kutumbakam, kita bersaudara. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.