Aksi Sosial “Berbakti dan Berbagi” Menyambut Hari Kartini

bantuan 222222
Menyambut Hari Kartini, TP PKK Provinsi Bali menggelar Aksi Sosial “Berbakti dan Berbagi” di Puspem Payangan. (kominfo/lns)

GIANYAR | patrolipost.com – Dalam rangka menyambut Hari Kartini ke-143, TP PKK Provinsi Bali menggelar Aksi Sosial “Berbakti dan Berbagi” yang menyasar balita gizi buruk, ibu hamil kekurangan energi kronis (KEK), lansia, penyandang disabilitas dan kader PKK kurang mampu di Puspem Payangan (13/4/2022).

Turut hadir Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Koster, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra, Kepala Dinas PMD dan Dukcapil Provinsi Bali Putu Anom Agustina, Ketua Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia Daerah Bali Ni Made Rahayuni, Kepala OPD terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Gianyar, serta Ketua Organisasi Wanita di Kabupaten Gianyar.

Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster mengatakan sesuai dengan tema Hari Ulang Tahun PKK yang Ke-50 dengan tema “Berbakti untuk Bangsa dan Berbagi dengan Sesama” serta bertepatan dengan bulan pergerakan kaum perempuan yang dipelopori Ibu Raden Ajeng Kartini, TP. PKK Provinsi Bali melaksanakan aksi sosial di Kabupaten Gianyar. “Di bulan April kita selalu mengingat jasa-jasa pahlawan kita, Raden Ajeng Kartini yang memperjuangkan emansipasi perempuan, ” ujar Ny Putri Suastini Koster.

Lebih lanjut ia mengajak dan mensosialisasikan program dari pemerintah dalam rangka menurunkan angka stunting di Indonesia khususnya di Bali. Stunting sendiri merupakan gagal tumbuh kembangnya anak pada 1000 hari pertama, tidak selayaknya anak-anak yang tumbuh normal. “Ayo rawat putra putri kita di 1000 hari emas tumbuh kembang anak-anak dengan makanan yang sehat,” ajaknya.
Stunting sendiri bermula dari kekurangan energi kronis dari calon ibu. Ketika mengandung, calon ibu yang lemah maka bayinya akan ikut lemah. “Makanya jaga kesehatan, pastikan stamina ketika memasuki jenjang pernikahan,” kata Ny Putri Suastini Koster.

Dalam rangkat aksi sosial di Kabupaten Gianyar, TP PKK Provinsi Bali menyerahkan 1 ton beras yang diberikan kepada 50 orang yang terdiri dari 10 orang balita gizi buruk, 10 orang ibu hamil kekurangan energi kronis (KEK), 10 orang lansia, 10 orang kader PKK kurang mampu, 10 orang penyandang difabel. “Untuk anak-anak (balita) yang berikan 20 Kg beras, 8 kotak susu dan 1 krat telur sedangkan yang lainnya dengan masing-masing 20 Kg beras, 2 kotak susu dan 1 krat telur,” papar Ny Putri Suastini Koster.

Selain memberikan bantuan juga diserahkan Buku Hasil RAKERNAS IX PKK Tahun 2021 dari Ketua TP.PKK Provinsi Bali kepada Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar. (kominfo/eka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.