Saniscara Kliwon Landep, Wawali Arya Wibawa Laksanakan Mendem Pedagingan di Pura Parahyangan Banjar Adat Sari Buana

wawali denpasar
Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa saat melakukan mendem pedagingan di Pura Parahyangan Banjar Adat Sari Buana. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Bertepatan dengan Rahina Tumpek Landep (Saniscara Kliwon Landep), puluhan krama Banjar Adat Sari Buana  Desa Tegal Harum Kecamatan Denpasar Barat  mengikuti upacara melaspas tembok penyengker, apit surang dan pujawali di Pura Parhyangan Banjar Adat Sari Buana  Desa Tegal Harum Kecamatan Denpasar Barat, Sabtu (9/4/2022). Upacara tersebut dihadiri langsung Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa yang sekaligus mendem pedagingan.

“Setelah masyarakat melaksanakan upacara pemelaspasan ini diharapkan masyarakat dapat  meningkatkan sradha bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, serta masyarakat semakin meningkatkan solidaritas dan rasa persatuan dan  menyama braya sesuai dengan spirit Kota Denpasar yakni Vasudaiva Kutumbakam,” kata Arya Wibawa.

Bacaan Lainnya

Hal ini mengingat rahina Tumpek Landep merupakan hari raya pemujaan kepada Sang Hyang Siwa Pasupati sebagai dewanya taksu. Dengan berperilaku berdasarkan kejernihan pikiran dengan landasan nilai – nilai agama. Dan pikiran suci, umat mampu memilah maupun memilih mana baik dan mana buruk.

Adapun pelaksanaan yadnya ini tentu sebagai sarana peningkatan nilai spiritual sebagai umat  beragama. Diharapkan upacara yadnya ini dapat memberikan energi dharma yang dapat memancarkan aura positif bagi jagat Bali serta menetralisir hal-hal negatif melihat berbagai macam situasi yang terjadi dewasa ini demi terciptanya keseimbangan jagat beserta isinya.

Sementara Kepala Dusun Banjar Sari Buana Made Budiarta mengatakan,  pembangunan penyengker ini merupakan bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar dan untuk upacara melaspas dan piodalan merupakan  swadaya masyarakat setempat.

Pihaknya juga menyampaikan rasa bahagia dan bangga karena Wakil Walikota Denpasar dapat hadir dan mengikuti upacara ini dari awal hingga akhir serta memberikan perhatiannya pada Banjar Sari Buana.

“Dengan ini, kami berharap ke depan krama  bisa lebih meningkatkan sradha baktinya kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa dan menjadi lebih baik lagi. Serta selalu menyatu dalam setiap kegiatan,” harapnya. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.