Wawali Arya Wibawa Apresiasi Upacara Atma Wedana Maha Warga Bhujangga Waisnawa Peguyangan Kaja

wawali penguyangan
Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa saat menghadir prosesi upacara Atma Wedana/Penileman di Pura Dalem Batan Kampuak, Desa Adat Peguyangan. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Bertepatan dengan Tilem Kedasa, Warga Bhujangga Waisnawa Desa Peguyangan Kaja Denpasar Utara menggelar upacara Atma Wedana/Penileman di Pura Dalem Batan Kampuak, Desa Adat Peguyangan. Kegiatan rangkaian upacara tersebut diapresiasi Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Jumat (1/4/2022).

Wakil Walikota Arya Wibawa mengatakan upacara yadnya merupakan perwujudan peningkatan Sradha Bhakti masyarakat dalam penyucian arwah leluhur dalam menjaga keharmonisan alam beserta isinya. Pelaksanaan upacara yadnya ini juga tentunya sebagai sarana peningkatan spiritual umat dan  meningkatkan rasa gotong royong dalam masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Upacara yadnya ini diharapkan dapat memberikan energi positif dalam menjaga adat, budaya dan tradisi dalam moto Vasudhaiva Kutumbakam yakni menyame braya,” ujar Arya Wibawa.

Sementara Ketua Panitia Karya Guru Made Toya menyampaikan, Karya Atma Wedana diikuti 84 sawa. Persiapan karya telah dimulai sejak 17 Maret 2022 lalu. Dimana, pada 5 April mendatang akan dilaksanakan upacara Nyegara Gunung.

“Pada Tilem Kedasa hari ini sebagai puncak karya dilaksanakan upacara Mapurwa Daksina dipuput Ida Rsi Bujangga Waisnawa Gria Gelogor Denpasar,” terangnya.

Lebih lanjut, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Wakil Walikota Denpasar Arya Wibawa yang telah hadir memberikan dukungan pelaksanaan upacara.

“Semua pihak yang telah memberikan dukungan juga tak lupa kami sampaikan terima kasih hingga puncak Karya Atma Wedana Maha warga Bhujangga Waisnawa, Desa Peguyangan Kaja Kecamatan Denpasar Utara telah berjalan dengan baik dan lancar,” tandasnya. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.