Perbarindo Denpasar Gelar Literasi dan Edukasi Keuangan Sukses Mengatur Keuangan di Masa Muda

Para narasumber dalam acara “Literasi dan Edukasi Keuangan Sukses Mengatur Keuangan di Masa Muda,” yang digelar DPK Perbarindo Denpasar, Jumat (22/11/2019) di Kampus STIMI Handayani Denpasar.

 

Bacaan Lainnya

DENPASAR | patrolipost.com – Ketua DPK Perbarindo Denpasar Drs. I Made Sumardhana, S.E., mengungkapkan kegiatan “Literasi dan Edukasi Keuangan Sukses Mengatur Keuangan di Masa Muda,” sangatlah penting dan strategis bagi mahasiswa dan generasi muda.

Hal itu disampaikan Sumardhana saat Dewan Pimpinan Komisariat (DPK) Perbarindo (Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia) Kota Denpasar bersama STIMI Handayani Denpasar menggelar “Literasi dan Edukasi Keuangan Sukses Mengatur Keuangan di Masa Muda,” Jumat (22/11/2019) di Kampus STIMI Handayani Denpasar.

Hadir Ketua DPK Perbarindo Denpasar Drs. I Made Sumardhana,S.E., Pembantu Ketua I Bidang Akademik STIMI Handayani Denpasar Dr. Dra. Ni Ketut Karwini, M.M., Sekretaris DPD Perbarindo Bali Made Suarja S.H., perwakilan OJK Bali Nusra Ida Bagus Putu Siwa Adnyana dan ratusan mahasiswa STIMI Handayani Denpasar.

“Sebab hal ini akan menjadi bekal dalam pemahaman dan praktik pengelolaan keuangan bagi mahasiswa ke depannya,” kata Sumardhana.

Dikatakan BPR Perbarindo Denpasar sangat berkepentingan melakukan literasi dan edukasi ini ke seluruh masyarakat, sekolah, perguruan tinggi, pasar dan tempat-tempat lainnya.

Literasi dan edukasi keuangan ini juga untuk memberikan pemahaman lebih jauh mengenai perbankan khususnya BPR di Kota Denpasar. Sebab banyak juga masyarakat termasuk kalangan mahasiswa yang belum paham mengakses layanan perbankan.

Karenanya Perbarindo Denpasar pun memberikan edukasi kepada mahasiswa STIMI Handayani. “Ini program rutin sekaligus untuk memberikan pemahaman mengenai keberadaan BPR,” ungkap Sumardana.

Diungkapkan di Indonesia hanya ada dua bank yakni bank umum dan BPR (Badan Perkreditan Rakyat). Seluruh dana yang ditabung di bank umum dan BPR sama-sama dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Jadi jangan khawatir menaruh dana di BPR karena sama juga dijamin LPS,” terang Sumardhana.

Secara khusus, kegiatan literasi dan edukasi keuangan ini diharapankan bisa memberikan manfaat kepada mahasiswa setelah menyelesaikan pendidikan di STIMI Handayani Denpasar.

“Ini agar bisa diterapkan untuk pribadi dan setelah berbaur di masyarakat,” kata Pembantu Ketua I Bidang Akademik STIMI Handayani Denpasar Dr. Dra. Ni Ketut Karwini, M.M.,dalam sambutannya.

Sekretaris DPD Perbarindo Bali Made Suarja S.H., mengungkapkan bank tidak hanya hadir untuk mencari untung tapi juga menjalankan fungsi sosial membangun perekonomian. Misalnya dengan memberikan pinjaman kepada pelaku UMKM.

“Tapi tidak hanya itu, bank juga ikut mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Seperti lewat literasi dan edukasi keuangan ini agar sukses mengatur keuangan di masa muda,” ujar Suarja.

Perbarindo Bali dan Perbarindo Kota Denpasar juga telah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi dan sekolah-sekolah. Khususnya juga dalam hal penyerapan tenaga kerja.

Perbarindo juga membangkitkan jiwa wirausaha mahasiswa dan menjadi generasi muda yang tangguh. “Agar masih muda sudah bisa menghasilkan uang dan mengenyam pendidikan tinggi bahkan sampai S-3,” tandas Suarja.

Perwakilan OJK Bali Nusra Ida Bagus Putu Siwa Adnyana mengapresiasi kegiatan literasi dan edukasi keuangan yang digelar Perbarindo Denpasar ini. Diharapkan kegiatan seperti ini bisa memberikan pemahaman lebih dalam Kepa mahasiswa agar cerdas mengelola keuangan, tidak hanya konsumtif tapi juga produktif. (473)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.