Disdikpora Gelar Bimtek Penguatan Kapasitas Bunda PAUD Kecamatan dan Desa/Lurah se-Denpasar

ny sagung1x
Pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Bunda PAUD Kecamatan dan Desa/Lurah se-Kota di Aula SPNF. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Dinas Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Bunda PAUD Kecamatan dan Desa/Lurah se-Kota di Aula SPNF mulai dari 21-22 Maret 2022 mendatang. Bimtek ini dilaksanakan guna meningkatkan pelayanan PAUD yang berkualitas dan mendorong peningkatan peran Bunda PAUD dalam melakukan advokasi ke berbagai pemangku kepentingan.

Bunda PAUD Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, Bimtek ini juga untuk penguatan kapasitas Bunda PAUD Kecamatan dan Desa/Kelurahan agar dapat mengoptimalkan peran Bunda PAUD, dalam  memberikan jaminan dan kepastian layanan anak usia dini yang berkualitas. Mengingat Bunda PAUD memiliki peran strategis dalam menciptakan layanan PAUD berkualitas.

Bacaan Lainnya

“Terlebih dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, mereka agar siap dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yang cerdas dan sehat,” ujar Ny Sagung Antari didampingi Istri Wakil Walikota Ny Ayu Kristi Arya Wibawa di Aula SPNF, Senin (21/3/2022).

Dalam menjalankan peran tersebut, agar seluruh Bunda PAUD dapat membentuk dan memberdayakan Pokja Bunda PAUD secara berjenjang. Sehingga melalui Pokja Bunda PAUD yang dibentuk tersebut, diharapkan dapat mendorong pelaksanaan PAUD berkualitas di seluruh lembaga PAUD yang ada.

Menurutnya, keberadaan Bunda PAUD sangatlah penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumberdaya yang ada. Selain itu, Bunda PAUD merupakan sebuah profesi sukarela yang dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang sehingga menjadi lokomotif untuk mendorong segenap elemen dalam masyarakat.

Ny Sagung Antari Jaya Negara berharap dalam mendorong layanan PAUD yang berkualitas, Bunda PAUD dapat bergandengan tangan dengan semua elemen masyarakat agar penyedia layanan PAUD menjadi optimal. Yang paling penting Bunda PAUD dapat melibatkan kaum ibu secara aktif, mengingat peranannya yang sangat penting dalam mendidik anak usia dini dan menjaga kesehatan anak-anak mereka.

“Pentingnya tanggung jawab moral Bunda PAUD yang harus dikerjakan. Saya harapkan kita dapat bergandengan tangan, saling bahu membahu dan saling mengisi dalam mencapai tujuan mulia ini melalui program kerja yang telah disusun. kita berkeyakinan bahwa kita dapat memberikan kontribusi maksimal kepada Pemerintah Daerah dalam rangka memajukan PAUD di Kota Denpasar,” jelasnya.

Sementara Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disdikpora Kota Denpasar, Ni Made Sugiantini menerangkan kegiatan ini diikuti sebanyak 3 Bunda PAUD Kecamatan, 43 Bunda PAUD Desa/Kelurahan se-Kota Denpasar serta 5 anggota Pokja Bunda PAUD.

“Ada beberapa materi yang diberikan dalam Bimtek ini yakni apa itu Bunda PAUD, siapa itu Bunda PAUD, peran Bunda PAUD serta membuat program kerja tingkat desa/kelurahan. Semua materi diberikan oleh narasumber yang ahli di dalam pendidikan PAUD,” tuturnya.

Setelah mengikuti Bimtek ini diharapkan bisa terjalin koordinasi antara Bunda PAUD tingkat kecamatan desa/kelurahan, gugus tugas PAUD, organisasi perangkat daerah, lintas sektor, organisasi mitra profesi, forum PAUD dan pemangku kepentingan lainnya di tingkat Kabupaten/Kota. (030)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.