Pengurus Paguyuban Seniman Bali Dikukuhkan: PSB Bisa Hidupkan Wantilan se-Bali

gianya 1
Kepala Dinas Kebudayaan Gianyar I Gusti Agung Widyawati kukuhkan Pengurus PSB. (ist)

GIANYAR | patrolipost.com – Memberikan darmawacana saat pengukuhan Pengurus Peguyuban Seniman Bali (PSB), Ida Pedanda Gede Putra Kekeran menitipkan tugas berat kepada Paguyuban Seniman Bali, yakni agar bisa menghidupkan wantilan seluruh Bali.

“Akeh Wantilan anyar sampun didirikan di Gianyar, di Bali, kudang miliar nike anggarannya. Titip Peranda siki, risampun puput wantilan ngudyang nike? Jadi ada tugas besar untuk PSB, bagaimana agar wantilan itu bisa hidup dengan ragam seni. Peranda akan lihat aksi nyatanya di pungkur wekas,” ungkap Ratu Pedanda.

Bacaan Lainnya

Pengurus Paguyuban Seniman Bali dikukuhkan secara sekala niskala di Pura Samuantiga di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, pada Budha Umanis Dukut, Rabu (16/3/2022) malam.

Secara niskala melalui upacara nejaya-jaya yang dipuput Ida Pedanda Gede Putra Kekeran dan secara sekala dengan penyematan bunga oleh Kepala Dinas Kebudayaan Gianyar I Gusti Agung Widyawati. Duduk di posisi Ketua PSB Provinsi Bali adalah I Made Kerta Suwirya. Kreator seni Banjar Bedil, Desa Sukawati ini menjalankan roda organisasi paguyuban bersama 9 Ketua PSB Kabupaten/Kota se Bali dan sejumlah seniman kenamaan Bali sebut saja trio pelawak Celekontong Mas I Nyoman Ardika alias Sengap, Komang Dedi Diana alias Tompel, Ketut Rudita atau yang dikenal sebagai Sokir. Selain itu juga ada Ketut Suanda alias Cedil.

Sebab tak dipungkiri, kesenian sangat erat kaitannya dengan yadnya yang dilaksanakan umat Hindu di Bali. “Satyam siwam sundaram, kebaos ring sastra. Sundaram punika beauty kecantikan, keindahan, ketenangan, kedamaian. Supaya PSB nincapang ayah-ayahan ngemargiang Sundaram. Karena Agama Hindu di Bali, tidak bisa lepas dari sundaram. Tidak ada pelaksanaan agama yang dilaksanakan di Bali tanpa menghadirkan seni,” jelas Ratu Pedanda.

Maka itu, Ratu Pedanda mengapresiasi PSB ini agar meningkatkan ayah-ayahan. “Seni suara, dekorasi, pahat, segala seni patut rauhang ritatkala tangkil ring Bhatara Siwa,” ujarnya. Terlebih di Bali saat ini sedang dibangun Pusat Kebudayaan Bali di Kabupaten Klungkung.

Menurut Ratu Pedanda, para seniman lah yang akan memanfaatkan tempat itu ke depannya. “Yang sudah memargi, tingkatkan lagi. Buatkan aturan yang bagus memaksa orang tidak bisa menjadi bisa. Banjar ada 8 misalnya, bagi tugas. Yang mengaku tidak bisa megambel rekrut ajari megambel di Wantilan. Paguyuban Seni Bali punya tugas memback up. Ini pekerjaan besar, hitung berapa Wantilan sekarang di Bali? Berapa seni yang akan ditampilkan. Banyak,” terang Ratu Pedanda. Keberadaan PSB ini pula diyakini akan membantu Dinas Kebudayaan Kabupaten maupun Provinsi dalam hal pembinaan seni.

Posisi Ketua PSB Kabupaten Gianyar diisi oleh Ketut Wirtawan, Ketua PSB Denpasar direngkuh Putu Adi Sujana, PSB Buleleng dipimpin Gede Pande Satria dan PSB Negara dikomandoi I Gede Satria Budhi Utama. Ketua PSB Karangasem diduduki oleh I Kadek Suryanta Antara, Ketua PSB Klungkung dipegang oleh I Wayan Susana, jabatan ketua PSB Badung dipegang oleh I Wayan Agun Adi Putra, serta I Nyoman Jhonson juga menjabat ketua PSB Kabupaten Bangli dan Ketua PSB Tabanan dipegang I Nyoman Sujana.

Sementara itu, Bupati Gianyar dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar I Gusti Agung Widyawati berharap PSB sebagai wadah pelaku seni dapat berperan aktif dan berkontribusi nyata dalam pengembangan seni.

“Kami mengajak seluruh jajaran PSB dapat mengambil peran dalam melaksanakan pembinaan guna mempersiapkan generasi muda kita sebagai generasi penerus,” ujarnya. (kominfo/abg)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.