Sekaa Teruna Bineka Gelar Lomba Ogoh-ogoh Mini dan Sketsa Diikuti 79 Peserta

walikota ogoh ogoh
Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara meninjau satu persatu karya peserta lomba ogoh-ogoh mini dan sketsa ogoh-ogoh yang dilaksanakan di Dharma Negara Alaya, Lumintang Denpasar. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Sekaa Teruna Bineka, Banjar Binoh Kelod menggelar lomba ogoh-ogoh mini dan sketsa ogoh-ogoh yang dilaksanakan di Dharma Negara Alaya, Lumintang Denpasar, Sabtu (12/3/2022). Lomba ogoh-ogoh mini dan sketsa ogoh-ogoh diikuti  79 peserta.

Pelaksanaan lomba yang berlangsung selama dua hari dari 12-13 Maret 2022 tersebut dibuka Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, didampingi  Camat Denpasar Utara, I Wayan Yusswara dan Forkopimda Denpasar, dan tokoh masyarakat banjar.

Bacaan Lainnya

“Karya ogoh-ogoh mini yang sangat luar biasa, dengan detailing karya yang sangat apik, bangga dengan karya anak muda Denpasar,” ujar Jaya Negara saat meninjau satu persatu karya peserta lomba.

Lebih lanjut, Jaya Negara mengatakan ogoh-ogoh mini dengan kriteria yang telah ditentukan oleh panitia dan para peserta dari kalangan anak muda ini mampu menunjukan karya terbaiknya. Terutama penciptaan karya dari ide cerita, karakter, hingga gaya ogoh-ogoh dibuat sangat rapi dan detail.

“Jika kita lihat dalam membuat karya ogoh-ogoh yang kecil biasanya sangat sulit dan butuh waktu untuk membuat detailing dengan media yang sangat sempit, dibandingkan dengan membuat karya ogoh-ogoh ukuran besar dengan proses dan ruang yang lebih luas, namun karya ogoh-ogoh anak muda Denpasar sangat luar biasa saya sangat apresiasi,” terangnya.

Sementara Ketua Panitia Lomba, I Wayan Ari Okta Wiyasa Putra menuturkan total peserta lomba ogoh-ogoh mini dan sketsa ogoh-ogoh diikuti total 79 peserta. Adapun peserta yang mengikuti lomba dengan 3 kategori, kategori mesin, non mesin dan sketsa.

“Dengan peserta masing-masing mengikuti yakni untuk lomba ogoh-ogoh non mesin 27 peserta, mesin 16 peserta dan sketsa diikuti 36 peserta tanpa dipungut biaya pendaftaran,” tuturnya.

Menurutnya, lomba ogoh-ogoh mini dan sketsa mengambil tema satyam sivam sundaram memiliki arti dalam bidang seni logika estetika dan keindahan.

“Kami ingin menyalurkan kreativitas dalam situasi pandemi saat ini yang bertujuan peningkatan generasi muda dalam kebudayaan Bali yang berkaitan dengan  ogoh-ogoh mini,” tandasnya. (030)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.