Sinergi Kota Denpasar dan KOPITU Gelar Kerjasama Sister City dengan Kota di Australia

kopitu denpasar
Ketua Umum KOPITU Yoyok Pitoyo saat bertemu untuk penandatanganan MoU dengan Sekretaris Daerah Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana di Kantor Walikota Denpasar. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Guna membentuk mitra yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakatnya, Kota Denpasar telah menggelar kerjasama Sister City dengan beberapa kota di Australia. Yakni terdiri dari Kota Darwin, Canberra dan Perth serta beberapa kota lain juga direncanakan akan turut dibentuk. Dimana Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU) berperan sebagai pihak ketiga yang mengawal dan melakukan upaya penerapan hasil kerjasama yang disepakati.

Ketua Umum KOPITU Yoyok Pitoyo mengatakan kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara KOPITU dengan Pemerintah Kota Denpasar. Salah satu rencana yang sudah diupayakan adalah penetrasi pasar melalui platform digital di Darwin yang akan dilabeli dengan nama KOPITU House. Pasar digital berupa E-Store ini merupakan langkah awal dalam mengembangkan kerjasama ke sektor yang lebih luas. Selain dengan adanya penetrasi, rencana ini juga diikuti dengan business match dengan pihak swasta yang akan ditangani oleh KOPITU.

Bacaan Lainnya

“Selain itu beberapa sektor yang akan dijadikan subjek pengembangan diantaranya perdagangan, pariwisata, ketenagakerjaan dan Iptek,” kata Ketua Umum KOPITU Yoyok Pitoyo saat bertemu dengan Sekretaris Daerah Kota Denpasar IB Alit Wiradana di Kantor Walikota Denpasar, Kamis (10/3/2022).

Kemudian dengan adanya penandatanganan MoU ini, maka KOPITU dan Pemerintah Kota Denpasar secara resmi dinyatakan sepaham dan memiliki tujuan yang sama tentang program Sister City yang akan dilaksanakan pada masa mendatang.

Tidak hanya Kota Darwin, kerjasama juga dilaksanakan di kota lainnya di Australia seperti Canberra, Perth dan beberapa kota lain juga direncanakan akan turut dibentuk. Hal ini mengingat dengan adanya kerjasama yang komprehensif bersama berbagai kota berkembang, akan dapat secara signifikan membantu perkembangan daerah menjadi lebih modern, terutama berkesejahteraan dan maju dalam pembangunan.

Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana menerangkan,  kerjasama Sister City dengan Kota Darwin, Australia dilakukan pada 3 bidang, yaitu promosi pariwisata dan budaya, pengembangan ekonomi kreatif serta pengembangan kapasitas sumber daya manusia.

Menurut Alit Wiradana, kesepakatan bersama ini tentu menjadi bukti komitmen kuat Pemkot Denpasar untuk melakukan kerjasama yang baik antara Kota Denpasar dan kota-kota di Australia.

“Sehingga  harapannya Kota Denpasar dapat menerima hal-hal baik dan bermanfaat dari kota-kota di Australia,” harapnya.

Pada kesempatan penandatanganan MoU dihadiri Kadis DLHK Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa, Kadis Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar, Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta serta Kabag Kerjasama, Ni Luh Putu Riyastiti. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.