Pemkab Bangli Ngayah di Pura Ulun Danu Batur Jelang Karya Ngusaba

bupati bangli ksm
Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta bersama jajaran OPD saat ngayah di Pura Ulun Danu Batur, Desa Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, Kamis (10/3/2022). (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Menjelang karya Pujawali Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur, Desa Adat Batur,  Kecamatan Kintamani, Pemkab Bangli melaksananakan kegiatan ngayah, Kamis (10/3/2022). Karya akan berlangsung pada Purnama Sasih Kedasa, tepatnya Wraspati Paing Dukut, Kamis (17/3/2022).

Rombongan Pemkab Bangli ini dipimpin langsung Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Sekda Kabupaten Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra, seluruh pimpinan beserta staf OPD di Lingkungan Pemkab Bangli, diterima oleh Pengemong  Karya Dane Jero Gede Batur Duhuran bersama prawartaka dan kesinoman.

Bacaan Lainnya

Bupati Bangli Sedana Arta mengatakan, kegiatan ngayah ini merupakan salah satu wujud sembah bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, mengingat Pura Ulun Danu Batur adalah Pura Khayangan Jagat yang diyakini sebagai pemelihara keharmonisan dan stabilitas seluruh pulau.

“Sebagai warga Bangli sudah sewajarnya untuk selalu ingat ayah bhakti karena itu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengabdian untuk Sang Pencipta,” sebutnya.

Bupati Sedana Arta berharap dengan ayah-ayahan yang tulus dari Pemkab Bangli, Ida Betara yang berstana di Pura Ulun Danu Batur selalu memberikan sinar suci untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Bangli.

“Lewat pelaksanaan karya ngusaba kedasa ini Beliau memberikan berkah dan memberikan keselamatan kepada masyarakat Bali dan masyarakat Bangli khsususnya,” ungkapnya.

Di sisi lain Pengemong Karya Dane Jero Gede Batur Duhuran menyebutkan pelaksanaan karya Nguaba Kedasa telah dimulai  sejak tanggal 2 Maret lalu. Yang mana diawali dengan  upacara nanceb rompok, nyengker pedewasan, nanceb sunari, ngingsah, netegang dan nunas tirta.  Lebih lanjut pada tanggal 13 Maret 2022   dilaksanakan wali di Pura Guna Lali (Pura Kodo), kemudian 15 Meret  dilangsungkan wali di Pura Merajan Agung  Dalem Bukita dan Pura Dalem Bukutan.

Selanjutnya pada 16 Maret 2022  akan dilangsungkan upacara mainoman,  yang disusul dengan Ida Bhatara –Bhatari Katuran Bhakti Pengodal, Ngangsih, Katuran Nyejer, katuran  pesucian ngadegang bagia pule kerti, melapas bagia dan mepada wewalungan. Sedangkan pada tanggal 17 Maret 2022  dilaksanakan pepade agung dan puncak karya  Ngusabha Kedasa Ida Bhatara-Bhatari katurang pujawali ring tengahin dunu.

Pada Jumat (18/3/2022) dilaksanakan upacara wayon ageng dan pepada penek. Dilanjutkan dengan upacara wayon alit, bhakti maider gita dan bhakti penebeng/maican-ican, dan bhakti ngabuangin pada Sabtu (19/3/2022). Kemudian dari Minggu (20/3/2022) hingga Senin (28/3/2022) dilaksanakan upacara bhakti penganyar oleh masing-masing daerah secara bergiliran.

“Upacara penyineban dilaksanakan pada Selasa (29/3/2022), diawali dengan upacara bhakti pepranian, baris perang-perangan, bhakti patingkeb, nuek bagia pulakerti, meralina sampian, mendem bagia pula kerti,” sambungnya.

Dane Jero Gede Batur Duhuran mengimbau pemedek yang melakukan persembahyangan agar menerapkan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19. Pihak panitia karya telah menyiapkan sarana Prokes seperti tempat cuci tangan serta pengaturan tempat sembahyang dengan memberikan tanda supaya pemedek tetap jaga jarak.  (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.