Beberapa Desa di Bangli Tersentuh Peningkatan Penyediaan Air Minum

dede agusta
Dede Agusta Sastra Yana. (sam)

BANGLI | patrolipost.com – Pada tahun ini sebanyak lima desa dan satu dusun tersentuh kegiatan peningkatan sistem penyedian air minum (SPAM). Kegiatan didanai pusat lewat Dana Alokasi Khusus (DAK).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Bangli, Dede Agusta Sastra Yana mengatakan kegiatan peningkatan SPAM menyasar beberapa wilayah yakni desa Satra, Songan, Sekaan dan dusun Wanagiri, Kecamatan Kintamani, desa Peninjoan Kecamatan Tembuku dan desa Tiga kecamatan Susut.

Bacaan Lainnya

Lanjut Dede Agusta dari enam kegiatan yang baru dilaunching dua kegiatan yakni untuk Desa Satra, Kecamatan Kintamani dan Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku. Sedangkan untuk empat wilayah lain menyusul dan dipastikan berjalan tahun ini.

”Untuk kedua kegiatan sudah di Unit Layanan Pengadaan dan proses masuk tahap aanwijzing,” jelasnya, Minggu (6/3).

Dalam kegiatan ini tidak ada pembangunan, semua kegiatan SPAM hanya tingkatkan dari yang sudah ada. Semisal kapasitas air sebelumnya 1 liter per detik ditingkatkan jadi 2 liter per detik. Sedangkan untuk pemenuhan air ada yang manfaatkan sumber mata air dan ada pula gunakan sumur bor existing.

”Tiga desa manfaatkan bor exsisting yakni Desa Songan A dan B serta Desa Tiga,” ungkap pria asal Banjar Griya, Kelurahan Kawan ini.

Kata Dede Agusta pagu anggaran untuk kegiatan di Desa Satra sebesar Rp 1,4 miliar dengan sasaran 275 sambungan rumah dan Desa Peninjoan sebesar Rp 4 miliar dengan sasaran 800 sambungan rumah.

Sementara pagu anggaran kegiatan di Desa Tiga sebesar Rp 1.250.000.000, Desa Sekaan sebesar Rp 600 juta, Dusun Wanagiri sebesar Rp 476 juta  dan desa Songan sebesar Rp 2 miliar. Besar kecilnya anggaran tergantung dari cakupan pendistribusian air.

“Kegiatan ini bertujuan tingkatkan cakupan layan air bersih bagi masyarakat,” ujar Dede Agusta. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.