Kapal Wisata Noah Komodo Patah Kemudi di Perairan Sebayur, 10 Wisatawan Berhasil Dievakuasi

evakuasi wisatawan
Tim SAR Gabungan tengah melakukan evakuasi wisatawan dari Kapal Noah Komodo, Rabu (2/03/2022). (ist)

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Tim SAR gabungan Polres Manggarai Barat (Mabar), Pol Airud Baharkam Polri dan Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) beserta Syahbandar Labuan Bajo berhasil mengevakuasi kapal wisata Noah Komodo yang mengalami trouble (masalah) atau hilang kendali di perairan Pulau Sebayur, Desa Pasir Putih, Kecamatan Komodo, Kabupaten Mabar, Rabu (2/3/2022).

Kapal wisata Noah Komodo yang dinakhodai oleh Yadin diketahui mengangkut wisatawan lokal sebanyak 10 orang mengalami masalah akibat patah kemudi dan mesin kapal mati total setelah dalam perjalanan melakukan trip di dalam Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) sejak 28 Februari 2022.

Bacaan Lainnya

Evakuasi terhadap 10 orang wisatawan, 9 crew kapal dan guide tersebut dilakukan oleh Tim SAR gabungan dengan menggunakan speed boat milik Basarnas Labuan Bajo pada pukul 14.00 Wita. Semua crew, wisatawan dan guide dievakuasi ke Labuan Bajo dalam keadaan selamat.

“Benar, ada Kapal Wisata trouble di perairan Pulau Sebayur, sudah ada upaya dari Tim SAR Gabungan untuk mengevakuasi semua penumpang dan crew, semuanya selamat,” ujar Kapolres Manggarai Barat, AKBP Felli Hermanto.

Sementara Felli menyebutkan, evakuasi terhadap Kapal Wisata Noah Komodo dilakukan dengan menggunakan KP Kresna milik Pol Airud Baharkam Polri ke Labuan Bajo. Mantan Kapolres Rote itu memberikan apresiasi kepada semua tim yang ikut terlibat dalam proses evakuasi yang berjalan dengan cepat dan aman.

Kapolres Mabar mengharapkan kepada para pemilik kapal wisata agar senantiasa melakukan pengecekan terhadap kondisi fisik kapal maupun perangkat lainya sebelum berlayar, sehingga tidak lagi terjadi peristiwa seperti ini.

“Sebelum berlayar terlebih dahulu dilakukan pengecekan secara menyeluruh kondisi kapal,” tegas AKBP Felli. (334)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.